Apakah perjalanan 10 km dengan perut kosong berbahaya?

Baru-baru ini saya pindah ke tempat baru dan mulai membawa sepeda ke tempat kerja. Ini adalah perjalanan 10-15 km, tergantung pada seberapa mewah saya merasa tentang mengambil jalan memutar. Saya bangun jam 7:45, dan 15 menit kemudian saya sudah naik sepeda. Saya makan sarapan di tempat kerja, setelah bersepeda 30-40 menit. Pertanyaan saya adalah: apakah ada konsekuensi kesehatan jika saya melakukannya setiap hari? Saya melakukan beberapa pencarian di internet, tetapi semua yang saya temukan berhubungan dengan olahraga bersepeda intensitas tinggi, bukan perjalanan santai.

Beberapa fakta yang mungkin bermanfaat:

• Saya mempertahankan kecepatan yang stabil, cukup untuk berkeringat, tetapi ini lebih dari panjang perjalanan daripada dari intensitas. Saya tetap kering untuk bagian pertama perjalanan.
  • Saya merasa kuat dan mampu hampir setiap hari. Jarang saya akan merasa lelah pada satu atau dua kilometer terakhir, tetapi ini cukup langka dan saya kira menunjukkan tidur yang buruk.
  • Perjalanannya 100% datar. Pendakian terbesar adalah gundukan kecepatan.
Emmit
sumber
Saya akan tertarik pada jawaban tentang hal ini dan saya telah melakukan perjalanan jarak yang sama dengan perut kosong selama 12 bulan.
ynnekkram
Satu hal yang perlu diperhatikan: Anda mungkin mengalami gula darah rendah ( Hipoglikemia ) jika Anda melakukan ini. Untuk individu yang sehat ini tidak berbahaya, tetapi Anda akan merasa sangat lemah dan tiba-tiba pusing. Dengarkan saja tubuh Anda, dan anggap serius. Jika Anda seorang penderita diabetes, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu!
sleske
Mungkin bijaksana untuk membawa bar energi atau semacamnya dengan Anda, jika Anda tiba-tiba mengalami penurunan gula darah. Tetapi orang yang sehat, tanpa kelainan metabolisme, harus mampu melakukan perjalanan satu jam dengan intensitas sedang sebelum sarapan tanpa kesulitan. Saya mengalami "tabrakan" gula darah beberapa kali, tetapi selalu dalam situasi di mana saya pergi berjam-jam, atau ketika saya pulang-pergi tanpa makan siang, atau semacamnya.
Daniel R Hicks
Saya diajari bahwa Anda tidak boleh bersepeda dengan perut kosong; Anda harus bersepeda di jalur sepeda.
Eric Lippert
Ya bersepeda dengan perut kosong sangat berbahaya. Padahal Anda harus selalu menggunakan sepeda, bukan perut kosong.

Jawaban:

Sejauh yang saya tahu, tidak. Saya sudah berkendara 30 menit atau lebih setiap hari kerja sebelum sarapan selama lebih dari 10 tahun tanpa efek buruk yang dapat dideteksi. Ketika saya sedang mengendarai mobil satu jam untuk bekerja, terkadang saya memiliki camilan kecil sebelum naik, tetapi jarang. Ketika saya bersepeda keliling, saya akan sering naik selama satu jam sebelum sarapan, karena hal itu membangunkan saya dan membuat saya hangat, maka saya bisa berhenti dan makan di tempat yang menyenangkan (saya biasanya bersembunyi di kamp sehingga saya tidak selalu tidur di tempat yang bagus untuk nongkrong di siang hari). Tapi satu jam bukan perjalanan yang tidak masuk akal sebelum sarapan. Untuk saya!

Yang penting adalah menyadari tubuh Anda . Jika Anda merasa buruk, berhentilah dan cari tahu alasannya. Jika Anda mabuk ... apa yang Anda harapkan? Tetapi jika Anda biasanya merasa baik-baik saja dan suatu hari perut Anda sakit, atau Anda merasa lemah, atau sesuatu yang lain berubah, khawatir. Berhenti, cari tahu apa masalahnya. Makan, minum, kencing, apa pun. Itu sama seperti jika sepeda Anda terasa lucu atau mulai membuat suara aneh.

Biasanya saya membawa sarapan untuk bekerja, jadi saya bawa jika saya perlu berhenti dan makan. Saya juga punya uang, yang secara mengejutkan bermanfaat untuk menyelesaikan masalah :) Jika perlu, saya bisa mendapatkan taksi untuk bekerja, membeli makanan, apa pun.

FWIW saya hampir selalu vegetarian, akhir-akhir ini saya kembali makan daging setiap dua minggu (saya semakin tua dan daging sepertinya membantu saya menjaga massa otot). Saya tidak tahu apakah menjadi vegetarian membantu, tetapi sepertinya tidak menghalangi perjalanan sebelum sarapan.

(ok, saya sudah melakukan ini selama lebih dari 15 tahun, mungkin lebih dari 20)

MOo
sumber
+1 "menyadari tubuh Anda". Itulah yang sebenarnya terjadi. Semua orang berbeda. Sikap dogmatis tentang hal-hal seperti ini, jenis yang mungkin mengesampingkan apa yang coba dikatakan tubuh Anda kepada Anda, adalah apa yang paling mungkin berbahaya.
junkyardsparkle
Secara anekdot sepertinya ini sesuai dengan pengalaman saya. Saya baru saja bangun pagi-pagi dan melakukan 50 menit di pelatih (Zwift menghitung jarak 25 km) di pagi hari beberapa hari seminggu. Saya tidak merasa rendah energi meskipun saya melakukan perjalanan pagi sebelum sarapan.
Kibbee
Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan (kecepatan sedang - 175 watt) dalam keadaan puasa sebenarnya dapat meningkatkan seberapa cepat tubuh Anda dapat bergerak ke metabolisme lemak untuk produksi energi. Saya biasanya naik 1-2 jam dalam keadaan puasa (tanpa sarapan). Semakin lama saya mendapati risiko mengambil risiko.
Rider_X
Saya pikir lebih penting juga untuk melihat jendela asupan kalori Anda setelah latihan berakhir. Pengalaman anekdotal saya (dengan beberapa saran dari The Cyclists Training Bible) mengatakan bahwa jendela Anda untuk penggunaan yang baik dari makanan indeks glikemik tinggi berlangsung dari akhir latihan Anda sampai sekitar selama latihan berlangsung. Jadi, jika perjalanan pagi Anda memakan waktu 30 menit, Anda memiliki waktu yang lama untuk menggunakan jeli atau donat gula secara maksimal atau makanan sarapan "sampah" lainnya untuk mengisi kembali toko glikogen. Jika sarapan Anda tidak termasuk hal semacam itu, mungkin tidak masalah.
Pengguna Terhapus
Saya juga telah melakukan 8 mil per hari melalui pusat kota London pada jam sibuk selama 4 tahun. Demikian pula saya makan di tempat kerja dan mengendarai dengan keras selama 45-50 menit (London Pusat sangat mulai menghentikan lalu lintas).
Aron

Kepala serat otot myosin bergerak menggunakan energi yang dihasilkan dengan mengubah ATP menjadi ADP. Energi yang diekstraksi sekitar 30,5 kJ / mol ATP.

Jaringan otot memiliki penyimpanan ATP terbatas. Penyimpanan bahan bakar utama otot Anda adalah Glikogen lokal.

Mengubah Glukosa menjadi ATP

Glikogen dikonversi menjadi Glukosa.

Glikolisis, Siklus Asam Sitrat (alias Siklus TCA, Siklus Krebs) dan Fosforilasi Oksidatif masing-masing menghasilkan ATP berdasarkan produk samping dari proses sebelumnya. Ketiga proses ini menghasilkan 39 mol ATP untuk setiap mol Glikogen.

Untuk detail lebih lanjut, lihat http://www.uic.edu/classes/bios/bios100/lecturesf04am/lect12.htm

Dari http://ajcn.nutrition.org/content/48/2/240.abstract :

Kapasitas penyimpanan glikogen pada manusia adalah sekitar 15 g / kg berat badan.

Glikogen memiliki massa molar 666,58 g / mol

Untuk seorang pria 80kg: Kapasitas penyimpanan glikogen: 15 * 80 = 1200g = 1.8mol ATP yang dapat diproduksi secara aerobik = 1.8 * 39 = 70.2mol Energi yang tersedia: 70.2 * 30.5 = 2141.1 kJ = 511 kCal

Menggunakan kalkulator ini: http://www.tribology-abc.com/calculators/cycling.htm

80kg cyclist, 15kg bike
Rolling resistance Cr 0.005
Air resistance Cw 0.9
Frontal area Af 0.6 m2
Power for 20km/h => 86W
for 40 mins => 465 kCal

Perhitungan ini mengasumsikan Anda mulai pada 20 km / jam dan melakukan perjalanan dengan kecepatan konstan pada permukaan datar tanpa angin.

Mengisi kembali gula dari lemak tubuh

Lipolisis melepaskan rantai asam lemak ke dalam aliran darah. Dalam mitokondria sel, enzim ligase memecah ini menjadi asil-CoA. Beta oksidasi merusak asil-CoA dan menghasilkan asetil-KoA, yang mengumpankan Siklus Asam Sitrat. Oksaloasetat dari Siklus Asam Sitrat direduksi menjadi Malat, diangkut ke Cytosol, di mana ia dioksidasi kembali menjadi oksaloasetat kemudian didekarboksilasi oleh phosphoenolpyruvate carboxykinase (PEPCK) menjadi phosphoenolpyruvate (PEP). Di hati, PEP dikonversi menjadi piruvat yang dapat dikonversi (Glugoneogenesis) menjadi Glukosa, yang dilepaskan ke dalam aliran darah. Dekarboksilasi dalam Cytosol adalah langkah pembatas laju dalam metabolisme lemak.

Kesimpulan:

Dengan asumsi Anda makan malam normal dan sarapan saat tiba, perjalanan ini mungkin tidak akan menurunkan kadar glukosa darah Anda ke tingkat yang berbahaya.

sumber
Catatan: Saya seorang programmer dengan Ilmu Komputer BSc, informasi di atas sebagian besar dari Wikipedia dan hasil pencarian Google; Koreksi disambut.
Emyr
Perhitungan Anda mengasumsikan bahwa hanya glikogen yang digunakan dan bahwa semua glikogen dalam tubuh dapat digunakan. Glikogen terbatas pada otot tempat ia disimpan (meskipun sebagian besar berada di kaki;)). Lemak bisa dan akan digunakan juga.
Michael
Tubuh Anda juga akan lebih memilih jalur metabolisme yang berbeda (misalnya, glikogen dan lemak) tergantung pada lamanya waktu sejak Anda terakhir kali mengonsumsi makanan, intensitas latihan saat ini, dan riwayat pelatihan Anda. Ini adalah kompromi yang rumit yang terus-menerus dibuat oleh tubuh Anda. Berulang kali, berolahraga dalam keadaan berpuasa mendorong tubuh Anda untuk lebih memilih jalur metabolisme lemak daripada metabolisme glikogen jika usahanya cukup rendah.
Rider_X
Saya lega masalah dengan kontribusi saya adalah semua dari "sapi bulat dalam ruang hampa" ketik :-)
Emyr
Jawaban Anda melewatkan satu poin penting: Glikogen yang disimpan dalam otot adalah untuk digunakan secara lokal oleh otot-otot itu, dan umumnya hanya cukup untuk beberapa menit aktivitas, jika gula darah benar-benar terputus. Namun, hati menyimpan glikogen dan mengubahnya menjadi gula ketika kadar gula darah turun. Pelatihan dalam kondisi di mana gula darah "diturunkan" (dengan, misalnya, berolahraga sebelum sarapan) akan mengarahkan hati untuk mengembangkan lebih banyak kemampuan penyimpanan glikogen dan lebih banyak kemampuan untuk mengubah glikogen yang disimpan menjadi gula. Namun, kemungkinan besar tidak melakukannya setiap hari.
Daniel R Hicks

Di sini, di Inggris di BBC TV tadi malam ada program 'Percayalah aku seorang dokter' di mana mereka memeriksa efek latihan pada pria dan wanita dan apakah akan makan sebelum berolahraga atau sesudahnya.

Rata-rata kebanyakan pria (memiliki lebih banyak otot) membakar lebih banyak karbohidrat dari toko tubuh mereka sehingga lebih baik makan setelah berolahraga. Sebagian besar wanita (cenderung memiliki lebih banyak lemak dalam tubuh mereka) lebih baik makan sebelum berolahraga.

GLWDay
sumber
Itu adalah beberapa generalisasi yang sangat sederhana dan menyapu.
Rider_X

Saya telah membaca beberapa pertanyaan tentang penurunan berat badan belakangan ini, dan bersepeda atau jogging sebelum sarapan adalah salah satu tipsnya.

Pembenarannya adalah ia memulai metabolisme tubuh menjadi "membuat energi" daripada "membuat lemak"

10 km bukan perjalanan besar - seharusnya sekitar 20-25 menit dengan sepeda. Anda harus ingat untuk melembabkan juga.

Video lengkap tentang bersepeda untuk menurunkan berat badan adalah

sumber

Makan malam malam sebelumnya lebih penting karena itu adalah makanan yang dicerna. Sarapan tidak akan dicerna dalam 30 menit (atau bahkan 2 jam). Sarapan hanya akan mengganggu Anda karena pencernaan membakar kalori. Tubuh yang sehat memiliki toko kalori selama 30+ menit. Anda hanya akan membakar seperti 400 kalori. Jika tubuh Anda tidak memiliki kalori itu akan memberitahu Anda. Makan sarapan atau camilan sehat saat Anda tiba.

Saya, saya hanya akan makan sebelum jika perjalanan 2 + jam. Dan kemudian makan satu jam sebelumnya. Saya pikir lebih nyaman berolahraga dengan perut kosong.

Hindari makanan manis sebagai lonjakan energi.

paparazzo
sumber

Tidak, itu tidak berbahaya. Beberapa skema pelatihan termasuk melakukan perjalanan 100 km dengan perut kosong untuk membiasakan tubuh naik.

Meskipun tidak ada penelitian untuk membuktikan, "bukti anekdotal menyarankan naik puasa dapat meningkatkan metabolisme pembakaran lemak Anda, meningkatkan ekonomi berkuda dan membantu manajemen berat badan. Terutama jika Anda menemukan Anda mengalami kesulitan menempel pada zona detak jantung yang lebih rendah, naik puasa teratur dapat membantu tubuh Anda untuk beradaptasi. "

Saya telah mendengar teman merekomendasikan naik berpuasa lama dengan upaya moderat, atas dasar bahwa mereka akan membiasakan tubuh Anda ketika cadangan glikogen habis.

gaurwraith
sumber
Namun, tidak semua skema pelatihan sehat secara ilmiah.
Emil Vikström
Wahana 100+ km saya berhenti di tengah.
Criggie
Perlu dicatat bahwa mengendarai 100 km tanpa makanan berisiko memicu ketosis, suatu kondisi yang dapat menjadi tidak menyenangkan dan kadang-kadang berbahaya.
Daniel R Hicks
ditulis ulang tanpa bahasa yang dibebankan ".. perhatikan bahwa mengendarai 100km tanpa makanan dapat memulai proses yang disebut ketosis, di mana Anda didorong oleh tubuh keton, bukan glikogen." Tapi bagaimanapun, ini bukan tentang mengendarai puasa 100 km setiap hari, (diragukan itu akan layak) tetapi lakukan beberapa di antaranya, dalam periode tertentu musim kereta Anda, dengan upaya moderat. sepertinya ini adalah untuk mendapatkan rasa yang ringan dari bonk, sehingga tubuh Anda tidak begitu terkejut dengan hal itu karena itu bisa menjadi yang pertama kali, terbiasa membakar lemak untuk energi, dll.
gaurwraith
Posting Anda menjadi jauh lebih baik dengan pembaruan! Punya upvote :-)
Emil Vikström

Tidak secara langsung terkait dengan pertanyaan tetapi menarik semua sama - saya melihat program kesehatan di televisi tadi malam - ada artikel di dalamnya tentang berolahraga sebelum atau setelah sarapan (sarapan berbasis karbohidrat). Disimpulkan - untuk pembakaran lemak - wanita lebih baik setelah sarapan dan pria lebih baik dari sebelumnya .

Mereka tidak masuk ke detail besar tetapi diperkirakan alasannya adalah laki-laki memiliki lebih banyak massa otot dan karena itu kemampuan penyimpanan glikogen lebih banyak. Iirc - para lelaki membakar rata-rata 8% lebih banyak dari mereka yang berolahraga setelah sarapan.

OraNob
sumber
Saya kira ini adalah program yang jawaban GLWday berikan sedikit lebih detail.
David Richerby

10km tidak banyak. Saya sudah "mengeringkan" kalori saat bersepeda. Anda akan melambat hingga merangkak dan perlu mengisi sendiri kesempatan berikutnya (bukan berarti itu sangat membantu pada saat itu). Dan Anda berkata bahwa Anda akan bekerja, jadi memulai dengan satu jam bersikap bodoh dan kelelahan akan menjadi ide yang buruk. Tapi Anda mungkin harus melewatkan makan malam dan pergi setidaknya 50 km untuk sampai ke tahap itu.

Pada 10km, Anda bahkan mungkin tidak akan mencerna cukup banyak hal untuk menggunakannya. Jika Anda makan sebelum pergi, yang Anda dapatkan hanyalah kemajuan dalam kadar gula darah setelah mulai bekerja.

Nah, itulah aspek makanan / kalori. Bawalah botol air bersama Anda: mengalami dehidrasi buruk bagi persendian. Bersepeda jauh lebih baik bagi mereka daripada berlari, tetapi rasa haus mungkin mengenai saat dalam perjalanan daripada tepat setelah bangun.

pengguna24068
sumber

Saya akan mengatakan tidak, saya biasanya melakukan 32km untuk bekerja sebelum saya bergerak lebih dekat (lakukan 18km sekarang) dan kedua rute yang saya makan setelah perjalanan saya. Berkendara dengan perut penuh dalam pengalaman saya akan membuat Anda merasa sakit dan lesu selama perjalanan.

Pastikan Anda memiliki minuman manis di sepeda untuk menghindari penurunan kadar gula.

Cearon O'Flynn
sumber

Saya tidak tahu data klinis untuk mendukung saya, tapi saya pikir itu hal yang baik untuk dilakukan - secara umum. Beberapa spesifik mungkin lebih penting. Saya masih bisa berdiri untuk menurunkan berat badan. Jadi pemikiran saya adalah bahwa perasaan lapar pada awal berkuda saya lebih disebabkan oleh tubuh saya berharap untuk mendapatkan sebagian besar energinya dari sumber gula / karbohidrat.

Ketika saya pertama kali mulai - sebagai strategi penurunan berat badan - rasanya cukup sulit di pagi hari, tetapi setelah beberapa saat (maksimal, beberapa minggu) saya menemukan bahwa saya tidak lagi merasa seperti kelaparan dan tidak merasa seperti Saya perlu makan banyak setelah perjalanan.

Jika Anda cukup kurus maka rasa lapar beberapa hari mungkin merupakan pertanda bahwa pisang atau sesuatu yang cepat dimakan akan masuk akal pada masa itu. Jika Anda bisa mengurangi berat badan, itu mungkin merupakan pertanda bahwa Anda sudah kehabisan sumber karbohidrat dan Anda merasakan penurunan sumber energi yang mudah didapat saat tubuh Anda mencari cara untuk melakukan transisi yang mulus untuk menggunakan lemak. sumber energi primer.

Dalam Eat Bacon, Don't Jog Grant Peterson membuat argumen persuasif bahwa berolahraga sebelum makan di pagi hari adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan. Idenya adalah bahwa di pagi hari Anda tidak memiliki (banyak) karbohidrat yang tersedia sehingga tubuh Anda berubah menjadi lemak untuk energi. Buku ini ditujukan pada "orang normal" bukan "atlet serius" sehingga Anda dapat menemukan informasi di sana lebih disesuaikan dengan kebutuhan / pengalaman Anda.

dlu
sumber

Ini sebenarnya hal yang luar biasa untuk dilakukan! Ini pada dasarnya adalah cara terbaik untuk berolahraga untuk menghilangkan lemak, dan mencegahnya.

Konsep ini disebut Fasted Cardio.

Vid ini menjelaskannya:

Ringkasan ditambahkan oleh andy256:

• video secara implisit mendukung cardio puasa.

• mengklaim itu adalah cara paling aman untuk kehilangan lemak.

• mengklaim 30 menit sebelum makan pagi cardio bernilai 90 menit setelah sarapan pagi kardio.

• mengatakan kamu hanya akan muntah sekali!

dfelix
sumber
Tapi apakah itu berbahaya atau tidak?
Kaz
Daripada berharap video tetap ada, akan lebih baik untuk menjelaskan ide di baliknya, dan bagaimana hubungannya dengan pertanyaan "apakah ini berbahaya".
Móż

Sementara saya setuju dengan apa yang tertulis dalam semua jawaban lain yang diberikan sejauh ini, saya masih sampai pada kesimpulan yang berbeda. Alasannya adalah ketika mempertimbangkan apakah sesuatu itu berbahaya atau tidak, Anda harus mempertimbangkan bagaimana segala sesuatunya menjadi salah, dan bukan bagaimana segala sesuatu akan berjalan dengan baik. Pertimbangkan kasus di mana Anda sakit. Jika Anda hanya melompat dari tempat tidur dan naik sepeda dan mulai mengayuh sepeda, Anda mungkin bahkan tidak menyadari bahwa Anda merasa tidak enak badan hanya setengah perjalanan.

Awal yang lebih lambat dengan makan sarapan mungkin membuat Anda memperhatikan hal ini sebelum Anda memutuskan untuk pergi bekerja. Juga, bahkan jika Anda memutuskan untuk bersepeda ke kantor, energi dari makanan masih dapat membantu mencegah Anda runtuh selama perjalanan.

Meskipun ini mungkin peristiwa yang tidak biasa, jika Anda mempertimbangkan periode waktu yang lama, probabilitasnya menjadi jauh lebih besar. Misalnya, probabilitas satu dari sepuluh ribu per hari adalah probabilitas 30% dalam periode sepuluh tahun.

Hitung Iblis
sumber
Itu benar-benar hanya sudut kecil dari pertanyaan yang lebih besar (dan terpisah) tentang bagaimana merencanakan untuk yang tidak direncanakan. Bagaimana jika Anda mengalami kerusakan yang tidak dapat diperbaiki? Bagaimana jika Anda jatuh dan melukai diri sendiri? Bagaimana jika Anda tiba-tiba terserang kasus penyemprotan (mungkin karena buah yang terkontaminasi saat sarapan)?
Daniel R Hicks
Jika Anda cukup sakit sehingga bersepeda selama setengah jam akan menjadi masalah, Anda mungkin akan menyadari bahwa ada sesuatu yang salah saat Anda bangun.
David Richerby
@ Davidvidicbyby Jika Anda terburu-buru dan Anda sangat cocok untuk memulai, Anda cenderung tidak akan melihat masalah tanpa memaksakan diri. Mungkin terasa seperti tidak tidur dengan nyenyak yang seharusnya hilang begitu saja saat bersepeda, tetapi kemudian pada sepeda Anda merasa memiliki energi yang semakin sedikit alih-alih mendapatkan lebih banyak energi. Anda mungkin tidak jatuh pingsan, tetapi beberapa orang cenderung mendapatkan respons stres ketika mereka tiba-tiba merasa lemah, yang kemudian menyebabkan kehancuran.
Hitung Iblis

Waktu didorong di sini, jadi belum membaca posting sebelumnya. Maka dengan itu dalam pikiran, jawaban singkat, TIDAK! Kecuali Anda datang dari belakang perjalanan menipis karbohidrat, Anda akan baik-baik saja. Pertanyaan yang belum Anda tanyakan adalah "apa yang harus saya konsumsi pada akhir perjalanan 10k dengan perut kosong" ?. Itu, teman saya, adalah pertanyaan emas. Goyang pemulihan, pisang, karbohidrat, protein? Yeah. Lakukan riset Anda untuk ini. Salam, Gary.

Gary Strachan
sumber
Pertanyaannya khusus untuk sebelum perjalanan, bukan setelah. Silakan telusuri jawaban lain untuk melihat apakah poin Anda telah dibuat. Komentar Anda tentang makanan setelah naik yang berbeda untuk naik puasa adalah pertanyaan yang bagus; jangan ragu untuk bertanya.
Criggie
Harapannya di sini adalah bahwa pengguna memberikan penjelasan yang terperinci namun langsung dan faktual dalam setiap jawaban yang berfokus pada pertanyaan awal. Anda mungkin berkata "tidak, itu tidak masalah kecuali Anda naik begitu banyak pada hari sebelumnya ... atau karena alasan lain telah menipiskan toko glikogen Anda ..." Anda harus mengedit jawaban Anda untuk membuatnya jelas, dan menghapus yang lain poin yang tidak relevan dengan pertanyaan awal. Kalau tidak, ia akan terus mengumpulkan suara dan bendera sebagai "bukan jawaban".