Lintas perbatasan mana yang harus saya ambil antara Ekuador dan Peru

Ada empat perlintasan perbatasan antara Ekuador dan Peru. Dalam urutan kepentingan:

• Huaquillas
  • Macará
  • La Balsa
  • Nuevo Rocafuerte

Saya telah mendengar yang utama di Huaquillas bisa samar atau bahkan berbahaya.

Saya kira tidak ada seorang pun di sini yang menggunakan mereka berempat, tetapi apakah aman / mungkin dilakukan oleh rata-rata pelancong?

sumber
Saya pikir ini adalah pertanyaan yang murni subyektif kecuali jika Anda juga dapat memberi kami beberapa kriteria spesifik tentang kualitas penyeberangan perbatasan apa yang penting bagi Anda.
hippietrail
@hippietrail Jika Huaquillas harus dihindari karena alasan keamanan, mana yang lain yang praktis / mudah digunakan. Berapa lama untuk sampai di sana dan pindah ke kota berikutnya dengan akomodasi yang layak di sisi lain? Pemandangan yang bagus di jalan akan menjadi nilai tambah.
Peter Hahndorf
Saya sedikit mengubah pertanyaan untuk tidak meminta 'rekomendasi' yang kami coba hindari, karena itu adalah subyektif. Saya kira format baru juga sedikit, tetapi lebih layak untuk menjawab secara objektif jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda telah melakukannya, dll.
Mark Mayo
Saya pikir tautannya rusak.
Tschareck

Jawaban:

Setelah mendengar tentang pengalaman negatif di persimpangan Huaquillas dari beberapa orang, saya memutuskan untuk menggunakan salah satu dari penyeberangan perbatasan lainnya. Saya juga ingin mengunjungi kota kecil Vilcabamba di selatan Loja, yang sedang dalam perjalanan menuju persimpangan La Balsa .

Kota ini terkenal dengan harapan hidup yang tinggi dari penghuninya, tetapi juga menawarkan hiking di perbukitan sekitarnya.

Saya tinggal beberapa hari di Hostería Izhcayluma , sebuah hostel besar di perbukitan dengan taman yang bagus, kolam renang, dan makanan lezat.

Jalan menuju Peru di Soutern Ecuador

Perjalanan ke selatan dimulai pukul 7 pagi dengan bus lokal yang menuju ke tempat yang disebut Zumba lebih jauh ke selatan, sejauh ini jalan yang benar. Di sana kami harus berganti menjadi truk / bis yang membawa kami bagian terakhir ke perbatasan di jalan tanah. Ini adalah perjalanan yang sangat lambat tetapi dalam lanskap pegunungan yang indah melalui desa-desa kecil.

truk / bus barang di Ekuador Selatan

Meskipun hanya sekitar 80 km dari Vilcabamba ke perbatasan, kami tiba di sana pada sore hari (8 jam). Persimpangan adalah jembatan di atas sungai dengan beberapa bangunan kayu di setiap sisinya. Cukup mudah untuk mendapatkan cap keluar di sisi Ekuador, tetapi di Peru kami tidak dapat menemukan penjaga perbatasan. Dengan bantuan beberapa penduduk setempat, kami akhirnya menemukan seseorang yang bertanggung jawab yang akan mencap paspor kami. Mereka tidak menggunakan cap mereka selama berhari-hari.

Satu-satunya pilihan untuk melanjutkan adalah pergi dengan mobil pribadi menjadi taksi. Masih di jalan tanah ke San Ignacio di mana kami akan berubah menjadi taksi yang tepat untuk sampai ke Jaen, kota tepat pertama di Peru. Kami tiba sekitar jam 8 malam dan menginap di hotel murah.

Dari Jaen dibutuhkan satu hari lagi dengan bus lokal untuk sampai ke Chachapoyas.

Chachapoyas dapat digunakan sebagai basis untuk mengunjungi kota kuno Kuelap dan air terjun Gocta Cataracts 771m antara lain.

Air terjun Gocta Cataracts

Jadi menggunakan persimpangan La Balsa membutuhkan banyak waktu, tetapi membuat Anda keluar dari jalur dan itu adalah pengalaman hebat.

Saya sangat merekomendasikan mengunjungi Vilcabamba dan Chachapoyas dan jika Anda melakukan ini, persimpangan La Balsa adalah cara terpendek di antara mereka.

sumber

Tahun lalu, Ekuador menutup perbatasannya selama beberapa hari sementara Presiden diculik dan sebagainya. Kedengarannya cukup sibuk. Tetapi pada saat saya tiba di sana (dua minggu kemudian) semuanya tampak baik dan mudah.

Anda belum mengatakan ke arah mana Anda akan pergi (Peru-> Ekuador atau Ekuador-> Peru) jadi saya akan menganggap yang pertama, karena itulah yang saya lakukan, dan Anda dapat membalikkan jika perlu;)

Saya kekurangan waktu, jadi saya pindah dari Lima ke Máncora, tepat pada waktunya untuk pesta bulan purnama di The Point Hostel. Cukup pengalaman, saya jamin. Bagaimanapun, dari sana Anda memiliki dua opsi - lakukan sendiri, atau lakukan dengan 'panduan'. Saya dikelompokkan dengan dua orang lain pada waktu itu dan dengan 'panduan' itu hanya seorang pria yang menunjukkan kepada Anda di mana harus berjalan pada titik-titik tertentu, tetapi dia memang membuat segalanya jauh lebih mudah, saya akan memberinya.

Ada bus dari Máncora TO Quito, dan tentu saja kota-kota sebelumnya, tetapi seperti yang saya katakan, saya kekurangan waktu. Jadi bus naik ke utara di sepanjang pantai ke Tumbes. Di sana ia berhenti sebentar, sebelum menuju ke perbatasan di Zarumilla. Inilah saatnya menjadi menyenangkan.

Bagian Peru cukup mudah. Masuk, dapatkan prangko keluar, hindari calo uang yang biasa berkeliaran. Kemudian kami menuju perbatasan sungai ke kota Huaquillas . Kami harus diantar berkeliling dan menunjuk ke jendela, dicap dll, dan kemudian mengambil tas kami keluar dari bus. Tidak ada penjelasan tentang apa yang terjadi, tetapi kemudian bus pergi. Sedikit khawatir, kami melihat ke pemandu kami, yang sudah melambaikan taksi untuk kita semua, tetapi hampir lupa satu karena kita akan pergi.

Ia berkelok-kelok di jalan-jalan, dan disinilah sang pemandu memperolehnya. Tanpa bahasa Spanyol, Anda akan kesulitan menemukan terminal bus domestik. Dia menurunkan kami, memberi kami sekantong makanan untuk perjalanan (woo!), Dan menghilang.

Kami harus melihat jadwal dan tiket kami untuk menyadari bahwa kami punya waktu satu jam. Orang-orang di terminal menyimpan tas kami secara gratis sementara kami berkeliaran di jalan-jalan (waktu malam) melalui beberapa pasar, membeli beberapa makanan lagi, bergabung dengan beberapa orang Jerman dan Kiwi lain yang datang juga, dan akhirnya naik ke pesawat berikutnya bus ke Quito. Beberapa jam kemudian (yah, seperti 10), kami ada di sana!

Kesimpulan: kota perbatasan 'samar', tetapi hanya dalam perilaku dan kebingungan - kami merasa baik-baik saja berkeliaran dalam kegelapan sebagian, setidaknya dalam kelompok. Tetapi pada akhirnya tidak ada masalah, yang sesuai dengan filosofi perjalanan saya dengan mengasumsikan yang terbaik;)

--- EDIT ---

Dalam hal penyeberangan lainnya, saya tidak dapat menawarkan lebih banyak, tetapi hampir setiap pelancong yang saya ajak bicara untuk datang ke selatan atau menuju utara telah atau akan menggunakan rute ini. Jadi, Anda hampir pasti akan melihat wisatawan lain untuk dikelompokkan jika Anda mau.

Mark Mayo
sumber

Semua itu berubah, BENAR-BENAR. Kedua pemerintah telah mengubah kantor mereka, di luar kota, di tengah-tengah dari mana, super sederhana, sangat aman. Semua dalam satu gedung, keluar dari Ekuador / masuk ke Peru, di semua satu kamar. Kehadiran 24 jam, 3 penjaga keamanan, dan petugas kebersihan. Ada papan dengan tujuan yang berbeda dan biaya terkait, mulai saat ini, penjaga memanggil taksi dari tempat parkir mereka dan taksi membawa Anda dan mengantar Anda ke lokasi yang pernah Anda pilih di kota. Taksi $ 5 dari Huaquillas - halte bus Ekuador ke perbatasan, $ 12 dari perbatasan ke kota Tumbes - Peru, dari sana, ada beberapa perusahaan bus yang hampir semuanya berlokasi di area yang sama, untuk dipilih.