Apakah mungkin untuk mengunjungi Rusia dan tidak pernah mendaftarkan visa saya jika saya sering berganti kota?

Musim panas ini saya merencanakan perjalanan untuk mengunjungi Rusia dari Amerika Serikat. Saya akan tinggal di Moskow selama beberapa hari, kemudian pindah ke Saint Petersburg selama beberapa hari lagi, dan akhirnya kembali ke Moskow dan tinggal kurang dari seminggu sebelum pergi. Saya mengerti bahwa saya memiliki 7 hari kerja untuk mendaftarkan visa saya setelah tiba di kota baru, tetapi saya tidak akan menghabiskan 7 hari berturut-turut di satu kota. Bukan maksud saya untuk mencoba menipu, hanya saja mendaftarkan visa pribadi adalah proses yang menghabiskan waktu, jadi jika itu dapat dihindari secara hukum saya ingin melakukan itu.

Apakah saya akan mendapat masalah ekstra dengan pihak berwenang jika visa saya tidak terdaftar? Saya pasti akan membawa tiket pesawat / kereta untuk menjelaskan bahwa saya baru berada di kota selama kurang dari 7 hari.

RussiaOrbust
sumber
Di mana Anda akan tinggal?
Karlson
Kami berharap untuk tinggal di apartemen pribadi yang ditemukan di AirBnB, kami menghubungi calon tuan rumah kami tetapi tidak yakin tentang ketersediaannya (mereka mungkin sedang bepergian) atau kemauan (butuh waktu) untuk mendaftarkan kami.
Rusia atau
Saya pikir OP bertanya apakah mereka dapat menghindari pendaftaran dengan cara yang sepenuhnya legal, ini bukan tentang tertangkap.
turun tangan
Secara hukum lengkap, jika Anda tinggal di hotel, hotel melakukan pendaftaran untuk Anda. Anda cukup meninggalkan paspor dengan visa ke hotel - dan mereka akan melakukan pendaftaran, biasanya dalam beberapa jam.
Aleks G

Jawaban:

Saya menjawab sebagai sering bepergian ke Rusia (telah ke banyak kota yang berbeda di sana selama bertahun-tahun). Pertama, dalam semua perjalanan dan interaksi saya dengan pihak berwenang Rusia, saya tidak pernah sekalipun diminta oleh pejabat pemerintah untuk dokumen pendaftaran (meskipun saya selalu mendaftar bila diharuskan oleh hukum). Banyak peringatan menakutkan tentang pendaftaran di Rusia tanggal kembali ke awal 2000-an, ketika undang-undang itu jauh lebih ketat dan itu adalah kemungkinan nyata untuk dihentikan di jalan-jalan Moskow oleh polisi untuk pemeriksaan pendaftaran acak (seperti yang saya mengerti, cek semacam itu ilegal sekarang). Undang-undang pendaftaran telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, terutama situs resmi Layanan Migrasi Federal menyebutkan perubahan signifikan / relaksasi hukum pada tahun 2007 (lihathttp://www.fms.gov.ru/government_services/migrate/ dalam bahasa Rusia)

Setelah mengatakan semua hal di atas, berikut adalah pemahaman saya tentang informasi di situs di atas, dan juga teks hukum itu sendiri ( http://www.fms.gov.ru/documentation/860/details/37042/ 4 / ):

• Jika Anda tinggal di hotel (bahkan untuk satu hari), hotel akan mendaftarkan Anda

• Kalau tidak, Anda diharuskan mendaftar dalam 7 hari setelah kedatangan ke "tempat tinggal" Anda ("место пребывания"). Adalah masuk akal untuk menafsirkannya sebagai "dalam 7 hari setelah tiba di kota tertentu" (ada disebutkan dalam undang-undang untuk dapat mengubah "tempat tinggal" jadi saya menduga "tempat tinggal" TIDAK berarti "tujuan akhir" dari perjalanan). Sayangnya, bagaimanapun, tidak ada klarifikasi tentang ini di mana pun dalam hukum. Saya kira akan tergantung pada hakim / otoritas lokal untuk menafsirkan, tetapi sekali lagi - saya tidak berpikir secara realistis ini adalah masalah. Dalam situasi Anda, saya hanya akan menyimpan semua dokumentasi perjalanan dan tidak khawatir tentang mendaftar.

• Yang membingungkan, halaman berbahasa Inggris ( http://www.fms.gov.ru/government_services/migrate/index_eng.php ) tidak menyebutkan pendaftaran dalam 7 hari setelah tiba di Rusia (tanpa menyebutkan "tempat tinggal") , tapi saya cukup yakin ini hanya terjemahan yang buruk, atau instruksi untuk kasus umum seseorang mengunjungi satu tempat di Rusia. Bagaimanapun, halaman bahasa Inggris bukan hukum yang sebenarnya.
  • Jika Anda ingin menjadi super aman, habiskan malam pertama Anda di hotel / hostel (dengan cara ini Anda secara teknis terdaftar dalam 7 hari pertama sejak kedatangan Anda).
  • Mengingat betapa membingungkannya bidang hukum ini, Anda tentu saja tidak akan kebal dari gangguan acak mengingat status pendaftaran-kurang Anda. Saya dapat memikirkan satu contoh di mana ini terjadi pada saya: Seorang pegawai hotel (di sebuah hotel bergaya Barat yang layak) menolak untuk mendaftarkan saya karena saya belum mendaftar di mana pun dalam waktu 7 hari setelah tiba di Rusia (karena saya melompat-lompat) dari kota ke kota) - pada dasarnya, mereka mengambil interpretasi hukum sebagaimana dinyatakan pada halaman bahasa Inggris di atas - namun, ini terjadi hanya sekali, dan saya tidak berpikir petugas hotel ahli dalam hukum migrasi, saya pikir dia adalah hanya berusaha memainkannya dengan aman di hadapan informasi yang membingungkan
  • Harap diingat bahwa saya bukan pengacara (terutama bukan pengacara Rusia)

Registrasi merupakan proses yang tidak menyenangkan dan menghabiskan waktu setiap kali saya melakukannya (mencoba menyesuaikan dengan jadwal, susunan, formulir kompleks kantor FMS setempat yang harus diisi ulang beberapa kali hingga Anda mendapatkannya dengan benar, persyaratan dokumentasi yang luas - bukti kepemilikan apartemen dan semacamnya, dll). Sebaiknya hindari jika memungkinkan.

UPDATE (2019) Dalam perjalanan Rusia saya baru-baru ini, saya telah bertemu para pejabat yang memegang interpretasi hukum yang lebih ketat. Rupanya, Anda harus mendaftar dalam waktu 7 hari setelah memasuki negara itu, dan kemudian lagi dalam waktu 7 hari dari berakhirnya pendaftaran terakhir, dll. - pada dasarnya Anda tidak boleh lebih dari 7 hari melewati tanggal kedaluwarsa dari pendaftaran terakhir Anda ATAU Anda tanggal masuk ke Rusia, mana yang lebih baru. Saya masih tidak berpikir bahwa ini adalah apa yang dikatakan undang-undang, tetapi pada akhirnya terserah interpretasi pejabat lokal ... Ironisnya, saya belum pernah melihat pendaftaran benar-benar diperiksa di mana pun, lainnya daripada ketika benar-benar mencoba mendaftar, dalam hal ini mereka ingin melihat kartu imigrasi perbatasan dengan cap tidak lebih dari 7 hari di masa lalu, atau pendaftaran sebelumnya yang berakhir tidak lebih dari 7 hari di masa lalu.

Eugene O
sumber
Saat mendaftar di hotel, berapa lama biasanya? Hanya beberapa menit atau beberapa hari? Jika saya hanya menginap satu malam, saya ingin memastikan saya akan mendapatkan pendaftaran dan paspor saya kembali. Terima kasih atas jawaban yang fantastis
RussiaOrBust
Maaf sudah terlalu lama menjawab. Saya tidak ingat jawaban pastinya, tidak punya waktu untuk memeriksa catatan saya, dan tidak ingin menyesatkan Anda. Namun, saya baru saja kembali dari perjalanan lain ke Rusia dan dapat memberi Anda informasi terbaru: menginap 1 malam di hotel, mendapat dokumen pendaftaran ketika saya check out di pagi hari. Dokumennya hanya memiliki prangko / tanda tangan hotel di atasnya, tidak ada dari Layanan Migrasi Federal, jadi saya kira mereka dapat memproses pendaftaran pada setiap hari dalam seminggu / kapan saja. Btw, mereka tidak pernah mengambil paspor saya dalam pengalaman saya, hanya fotokopi.
Eugene O
@RussiaOrBust Probaby terlambat, tetapi dalam pengalaman saya (saya hanya pernah tinggal di sebuah hotel di Moskow), saya meninggalkan paspor dengan hotel tepat setelah saya check in. Saya pergi ke kamar saya, meninggalkan barang-barang saya di sana dan keluar untuk makan. Ketika saya kembali ke hotel sekitar 3 jam kemudian, saya mendapatkan paspor saya kembali dengan cap pendaftaran di dalamnya.
Aleks G

Pertama, tolong jangan buang energi siapa pun dengan berdebat semantik bahwa Anda tidak "mendaftarkan visa" dan sebaliknya ini adalah pendaftaran migrasi karena beberapa dari Anda mungkin tergoda untuk melakukannya. Saya akan terus menyebutnya registrasi visa karena kita semua tahu artinya.

Kedua, pengertian saya adalah Anda harus mendaftar dalam waktu 7 hari setelah tiba di Rusia. Anda tidak mendapatkan 7 hari lagi setiap kali Anda pindah ke kota lain! Di sisi lain seperti yang ditunjukkan orang lain, hukumnya tidak jelas di sini. Anda harus ingat bahwa undang-undang di Rusia adalah siapa pun pejabat yang berhadapan dengan Anda, katakan kecuali jika hukum itu ditingkatkan ke pengadilan di mana Anda memiliki perwakilan hukum untuk memperdebatkan teks hukum di depan hakim! Tolong, mari kita coba untuk tidak melangkah sejauh itu ... Saya pernah mengunjungi kota Rusia yang terpencil di Timur Jauh dengan 300 pelancong. Suatu hari imigrasi Rusia turun ke hotel kami untuk menangkap kami dengan menuduh kami memasuki wilayah "khusus" Rusia tanpa izin "khusus", yaitu. visa Rusia kami TIDAK cukup bagus! Mereka akhirnya membiarkan kami pergi setelah menakuti beberapa dari kami untuk menandatangani surat permintaan maaf. Itu benar-benar tidak berdasar dan dimaksudkan untuk menunjukkan kepada kita bahwa mereka tidak menyambut begitu banyak orang asing yang mengunjungi dunia kecil mereka sekaligus.

Ketika saya bepergian ke Rusia (secara fisik telah mengunjungi semua 11 zona waktu Rusia selama bertahun-tahun), saya sering tinggal di apartemen teman saya. Sayangnya, pendaftaran rumah tangga teman saya (propiska) ada di daerah lain di negara ini. Ini berarti saya tidak dapat mendaftar di kantor pos setempat atau otoritas imigrasi dengan teman saya sebagai tuan rumah. Secara teori pemilik harus mendaftarkan saya. Namun, bertanya pada pemilik rumah yang belum pernah melakukan ini sebelumnya lebih merepotkan daripada yang Anda kira. Di negara di mana pemerintah tidak dipandang sebagai pelayan publik, orang lebih suka menghindari pergi ke pemerintah kecuali mereka harus.

Saya dua kali mencoba mendaftarkan visa saya dengan menginap di hotel selama satu malam. Namun, mereka berdua menolak permintaan saya dengan alasan mereka tidak akan mendaftarkan tamu yang menginap kurang dari 3 hari! Ini sebenarnya adalah hotel barat yang terkenal seperti Radisson dan Ramada di Moskow! Ketika saya menantang mereka dengan situasi bagaimana jika saya melakukan perjalanan dari kota ke kota dan tidak pernah tinggal di tempat selama lebih dari 3 hari, saya tidak akan mendapat masalah dengan penolakan mereka untuk mendaftarkan saya. Staf hanya menolak saya dengan mengatakan mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan dengan situasi khusus seperti ini dan menyarankan saya untuk menyimpan tanda terima hotel saya sebagai bukti jika saya pernah dihadapkan oleh seorang pejabat. Saya melaporkan perilaku Radisson dan Ramada ke kedutaan AS, yang mengonfirmasi kedua hotel tersebut melanggar hukum dan selanjutnya akan melaporkannya ke pihak berwenang Rusia. Saya tidak

Pendekatan standar saya hari ini adalah mencari hostel murah untuk kaum muda yang akan bersedia untuk mendaftarkan saya untuk biaya, yaitu. biaya menginap satu malam, tanpa tinggal di sana dalam kenyataan. Saya membayar mereka hanya SETELAH mereka mendaftarkan saya terlebih dahulu. Berbelanja di sekitar karena beberapa hostel akan meminta biaya ini untuk menginap 3 malam sedangkan yang lain akan senang hanya dengan satu. Dengan demikian, saran saya adalah jika Anda tetap tinggal di sebuah hotel / hostel tetapi untuk kurang dari 3 hari, pastikan BENAR-BENAR disetujui (DAPATKAN NAMA ORANG) ketika Anda membuat reservasi bahwa mereka akan mendaftarkan Anda dengan masa inap yang sangat singkat. . Jika Anda tidak harus menginap di hotel / hostel sama sekali, dan ini semua tentang pendaftaran visa, cari hostel pemuda murah untuk menghadapinya.

Ngomong-ngomong, setiap kali saya keluar dari Rusia, setelah menyerahkan kepada petugas imigrasi paspor saya, kartu migrasi dan pendaftaran visa, mereka selalu melemparkan pendaftaran kembali kepada saya segera tanpa membacanya sementara mereka terus memproses 2 dokumen lainnya. Jadi, saya tidak yakin apakah pendaftaran visa adalah formalitas yang masih dipegang para pejabat Rusia saat ini. Namun, karena saya dapat 'membelinya' dari hostel pemuda untuk beberapa ratus rubel, yaitu. Harga makan di McDonald's, saya tidak melihat alasan yang baik untuk mendorong keberuntungan saya dengan melewatkan formalitas yang diduga ini.

Alex
sumber

Jika Anda tinggal di sebuah hotel maka mintalah mereka untuk melakukannya. Jika mereka melakukannya, bagus! jika tidak mungkin bukan masalah besar. Saya dihentikan oleh polisi di spb dan hanya memberi tahu mereka bahwa saya turis, mereka tidak mengganggu saya setelah itu. Saya menyaksikan pemuda setempat sering berhenti di jalan-jalan di Moskow dan spg. Tetapi mereka benar-benar tidak mengacaukan turis. Saya memang mencoba mendaftar melalui "teman" guru bahasa Rusia saya ketika saya masih di spb. Masalah besar! Mereka mencetak jari kami dan membuat kami kembali ke kantor polisi beberapa kali. Memakan dua hari perjalanan kami. Tidak pernah mendapatkan kertas jadi kami katakan itu. Harganya 2.500 rubel !!!