Kutipan statistik terkenal

248

Apa kutipan statistik favorit Anda?

Ini adalah wiki komunitas, jadi tolong satu kutipan per jawaban.

robin girard
sumber
8
Haruskah pertanyaan ini benar-benar menjadi "kutipan terkenal tentang statistik"?
naught101

Jawaban:

248

Semua model salah, tetapi ada juga yang berguna. (George EP Box)

Referensi: Box & Draper (1987), bangunan model empiris dan permukaan respons , Wiley, p. 424.

Juga: GEP Box (1979), "Robustness dalam Strategi Membangun Model Ilmiah" dalam Robustness in Statistics (Launer & Wilkinson eds.), Hlm. 202.

Rob Hyndman
sumber
3
Saya menggunakan kutipan ini banyak untuk menjelaskan kesulitan dalam matematika yang beralih ke statistik
user549
25
Kalimat ini sendiri adalah model (model epistemologis)
user603
6
tetapi lihat diskusi yang bagus seputar kutipan ini di blog Gelman, j.mp/9SgIBO
chl
14
Dan ini adalah kutipan aktual, yang bertentangan dengan sesuatu yang "dikaitkan dengan" Box. Tampaknya, misalnya, dalam Box & Draper (1987), bangunan model empiris dan permukaan respons , Wiley, di halaman 424. Ya, saya memang pergi dan mencarinya sebelum menggunakannya dalam kertas.
Stephan Kolassa
16
Sayangnya, terlalu banyak orang yang menggunakannya untuk memaafkan diri mereka sendiri dari kekurangan dalam model mereka. Dalam pengalaman pribadi saya, penggunaannya adalah tanda alarm.
JohnRos
206

"Jawaban perkiraan untuk masalah yang tepat bernilai jauh lebih baik daripada jawaban yang tepat untuk masalah perkiraan." - John Tukey

John D. Cook
sumber
16
Saya suka yang ini, bisa dijadikan saran ketika orang menulis pertanyaan di situs ini?
robin girard
7
Tentu saja ... mengajukan pertanyaan yang tepat adalah salah satu keterampilan terpenting.
Shane
5
Saya ingat suatu kali ketika sebuah perusahaan industri swasta menugaskan seorang ahli matematika untuk menyelesaikan masalah rute pengumpulan sampah. Singkat cerita, ahli matematika mengeluh bahwa perusahaan hanya tertarik untuk menemukan solusi "cukup dekat" daripada solusi optimal. Saya pikir, pada akhirnya dia dipecat, dan seorang peneliti operasi malah dibawa masuk.
dassouki
2
@dassouki Saya pikir kutipannya lebih tentang pertanyaan .... sesuatu seperti sains bukan tentang menemukan jawaban yang baik tetapi tentang menemukan pertanyaan yang bagus!
robin girard
13
"Jauh lebih baik jawaban perkiraan untuk pertanyaan yang benar, yang seringkali tidak jelas, daripada jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang salah, yang selalu dapat dibuat tepat." John W. Tukey 1962 Masa depan analisis data. Annals of Statistics Matematika 33: 1-67 (lihat hal.13-14) Tidak diragukan dia mengatakan hal yang sama di waktu lain, tapi itu sumber yang tepat, dan versi yang biasanya saya lihat dikutip.
Nick Cox
137

"Untuk memanggil ahli statistik setelah percobaan dilakukan mungkin tidak lebih dari memintanya untuk melakukan pemeriksaan post-mortem: dia mungkin dapat mengatakan apa yang menyebabkan eksperimen itu mati."

- Ronald Fisher (1938)

Kutipan dapat dibaca di halaman 17 artikel.

RA Fisher. Ceramah Presiden oleh Profesor RA Fisher, Sc.D., FRS Sankhyā: Jurnal Statistik India (1933-1960), Vol. 4, No. 1 (1938), hlm. 14-17. http://www.jstor.org/stable/40383882

tidak diketahui
sumber
Saya membaca versi yang sedikit berbeda dari kutipan ini oleh Fisher: "Menyewa seorang dokter setelah data telah dikumpulkan seperti mempekerjakan seorang dokter ketika pasien berada di kamar mayat. Dia mungkin bisa memberi tahu Anda apa yang salah, tetapi dia tidak mungkin untuk dapat memperbaikinya. "
Peter Flom
2
@ Peter Apakah itu benar-benar "Menyewa dokter setelah data ..." atau haruskah "ahli statistik" ada di suatu tempat?
Dason
3
@ alasan Anda benar! Seseorang mengedit posting saya, saya kira
Peter Flom
125

87% statistik dibuat di tempat

-Tidak dikenal

Dilbert.com Dilbert.com

Henrik
sumber
4
imgur.com/0dsVC.gif
JM bukan ahli statistik
1
Dan 45,8% orang tidak percaya bahwa statistik
probabilityislogic
ROFL ROFL Scott Adams membunuh saya
Hack-R
Ha! Setiap kali saya melihat perkiraan yang berisi terlalu banyak angka penting, saya memikirkan kutipan ini. "Jumlah pemilik ponsel diperkirakan 4.372.138.975 pada tahun 2020." Benarkah? Seolah ada yang bisa memperkirakan lebih baik dari 4.3B atau 4.4B.
JoeTaxpayer
121

Para ahli statistik, seperti halnya para seniman, memiliki kebiasaan buruk untuk jatuh cinta pada para model mereka.

- George Box

shabbychef
sumber
121

Statistik seperti bikini. Apa yang mereka ungkapkan itu sugestif, tetapi apa yang mereka sembunyikan sangat penting.

Harun Levenstein

Jilles de wit
sumber
10
Dan hidup lebih menyenangkan tanpa mereka? Kira Anda hanya bisa mengambil metafora sejauh ini ...
naught101
Ini baru saja menjadi kutipan favorit saya
Ali Turab Lotia
Ini mungkin? en.wikiquote.org/wiki/Statistics frase yang sedikit berbeda. Jika Anda Google seluruh kutipan saya bukan satu-satunya yang menggunakannya, tetapi tidak ada sumber.
jilles de wit
116

Di dalam Tuhan kita percaya. Yang lain harus membawa data.

(W. Edwards Deming)

Harvey Motulsky
sumber
64
Tuhan juga harus membawa data.
KalEl
9
Tuhan dapat membuat data.
Leo
6
@ Leo Data apa yang Anda miliki untuk mendukung hipotesis itu? :)
probabilityislogic
2
Ooh, apakah itu versi baru dari Paradox Mahakuasa? Jika Tuhan membuat data baru, bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa itu tidak ada selama ini?
naught101
5
Ini secara aksiomatis benar.
abaumann
105

Prediksi sangat sulit, terutama tentang masa depan.

- Niels Bohr

Ah
sumber
18
Prediksi tentang masa lalu juga bisa sangat sulit!
walkytalky
4
Yang satu ini telah dikaitkan dengan banyak orang yang berbeda larry.denenberg.com/predictions.html dan itu membantah bahwa itu akan menjadi Niels Bohr en.wikiquote.org/wiki/Niels_Bohr
Gerrit
101

Semua generalisasi itu salah, termasuk yang ini.

Mark Twain

aL3xa
sumber
Ini brilian!
probabilityislogic
Yaitu, kecuali adakah generalisasi yang sepenuhnya benar?
nucky101
1
@ naught101 Definisi dan hukum-hukum alam (begitu kita mengenal mereka) adalah generalisasi yang saya anggap benar. Meskipun yang pertama tidak begitu menarik seperti di: semua "generalisasi sejati" adalah benar.
ziggystar
95

Jika Anda cukup menyiksa data, alam akan selalu mengaku.

--Ronald Coase (dikutip dari Coase, RH 1982. Bagaimana seharusnya para ekonom memilih? American Enterprise Institute, Washington, DC). Saya pikir sebagian besar yang mendengar kutipan ini salah paham terhadap pesan besarnya terhadap pengerukan data.

shabbychef
sumber
1
Ya, penjelasan Anda sangat dibutuhkan. Saya dapat membayangkan bahwa banyak orang akan mengambil arti yang berlawanan dari kutipan tersebut. Catatan untuk diri saya sendiri, bahkan penyiksaan ide itu jahat.
Aditya
91

Komputer besar, algoritma yang kompleks, dan waktu yang lama tidak sama dengan sains.

- Robert Gentleman

Paolo
sumber
50
Masih terlihat menjanjikan.
3
Hanya ingin tahu, di mana dia mengatakan / menulis itu?
Hack-R
88

Pemikiran statistik suatu hari kelak akan menjadi kualifikasi yang diperlukan untuk kewarganegaraan yang efisien seperti kemampuan membaca dan menulis.

--HG Wells

Michael Bishop
sumber
Demi Tuhan, dia benar!
KalEl
12
Saya tidak tahu, Anda melihat banyak warga yang efisien belakangan ini?
Raskolnikov
2
Masih menunggu ...
naught101
1
Seorang pengguna anonim meminta sumber untuk 'kutipan' ini; dia juga mengindikasikan bahwa Gigerenzer mencatat bahwa dia mencari Wells yang diterbitkan dengan sia-sia untuk yang asli.
chl
84

Kombinasi beberapa data dan hasrat yang kuat untuk mendapatkan jawaban tidak memastikan bahwa jawaban yang masuk akal dapat diekstraksi dari kumpulan data tertentu

Tukey

robin girard
sumber
5
Sebagai seorang ilmuwan biologi, saya menemukan diri saya menggumamkan hal ini pada banyak seminar ...
N Brouwer
Ini harus diajarkan di sekolah manajemen jauh sebelum bab tentang perhitungan KPI
rumtscho
83

Tidak ada pertanyaan statistik rutin, hanya statistik rutin yang dipertanyakan.

DR Cox

Tzippy
sumber
3
Rolf Sundberg menghubungkan kutipan ini dengan JM Hammersley dalam sebuah artikel tahun 1994: dx.doi.org/10.1016/0169-7439(93)E0041-2
onestop
1
Berikut ini adalah upaya pengeditan oleh pengguna anonim: "Komentar: Diberitahu setelah qoute bahwa saya telah menghubungkan kutipan ini (sangat baik) dengan Hammersley. Alasan untuk pengaitan saya dengan Hammersley adalah karena saya bertanya kepada David Cox sebelum saya menggunakan kutipan, dan dia menjawab bahwa itu bukan aslinya, tetapi ungkapan Hammersley. Rolf Sundberg ".
gung
Ini salah - bukti? - uji t dan nilai p! perhitungan rutin dilakukan setiap saat. yakin itu mungkin "dipertanyakan" tetapi masih rutin!
probabilityislogic
76

Statistik - Subjek yang sulit ditemukan oleh kebanyakan ahli statistik tetapi banyak dokter ahli. "Stephen S. Senn"

Kieran
sumber
3
Kredit: Stephen Senn, Masalah Statistik dalam Pengembangan Obat , halaman4. media.wiley.com/product_data/excerpt/71/04700187/0470018771.pdf
onestop
2
Saya pikir itu karena fisika memiliki tingkat kesedihan yang sama yang diperlukan untuk statistik, dan ahli fisika memiliki manfaat besar ingin menyingkirkan ketidakpastian, ahli statistik hanya ingin menggambarkannya.
probabilityislogic
26
Physicians \ neq fisikawan
David Roberts
1
Ini mungkin favorit baru saya
Fomite
1
Meskipun saya bisa membayangkan ini berlaku untuk fisikawan juga.
WetlabStudent
75

Peristiwa aneh mengizinkan diri mereka kemewahan yang terjadi.

- Charlie Chan

ars
sumber
14
Saya tidak keberatan dengan suara turun, tapi saya berpendapat bahwa ini adalah poin statistik yang mendalam, tidak bisa dianggap enteng. ;-)
ars
Apalagi jika Anda berada di sektor jasa keuangan.
DWin
2
Saya akan mengatakan bahwa kunci untuk memecahkan makna kutipan ini adalah untuk mengenali bahwa kata "aneh" relatif terhadap apa model "normal" Anda.
probabilityislogic
1
Saya ini hanya cara mengatakan "outlier terjadi", atau ada sesuatu yang lebih dalam yang hilang?
naught101
Kutipan serupa yang saya suka adalah "Dengan sampel yang cukup besar, segala hal keterlaluan kemungkinan akan terjadi" (Persi Diaconis dan Frederick Mosteller).
MattBagg
75

Yang baik saya datang tentang:

Saya pikir jauh lebih menarik untuk hidup tanpa mengetahui daripada memiliki jawaban yang mungkin salah.

Oleh Richard Feynman ( tautan )

Tal Galili
sumber
Jika saya seorang pemain taruhan saya akan mengatakan Richard Feynman adalah seorang agnostik
probabilityislogic
1
Apakah Feynman memenuhi syarat sebagai ahli statistik?
Glen_b
Yang bagus tapi Thomas Gray mengatakan lebih baik, "Di mana ketidaktahuan adalah kebahagiaan, itu bodoh untuk menjadi bijaksana."
Marco Stamazza
@Glen_b Sebenarnya pertanyaannya adalah "Apa kutipan statistik favorit Anda?" bukan "Apa kutipan favorit Anda dari seorang statis?"
mesin
Sejauh yang saya bisa lihat, maksud dari kutipan tersebut juga bukan statistik.
Glen_b
70

Dia menggunakan statistik seperti orang mabuk menggunakan tiang lampu, lebih banyak untuk mendukung daripada penerangan.

- Andrew Lang

Neil McGuigan
sumber
67

Hal terbaik tentang menjadi ahli statistik adalah Anda bisa bermain di halaman belakang setiap orang.

- John Tukey

(Ini adalah kutipan Tukey favorit saya)

shabbychef
sumber
4
Cintai yang satu ini - bonus luar biasa dari menjadi ahli statistik.
Kingsford Jones
Saya tidak yakin apa artinya ini. Apakah itu karena statistik berlaku untuk hampir setiap bidang?
Ali Turab Lotia
@ Ali, saya percaya itulah maksud umum. Statistik dapat menjadi kerangka epistemologis yang sangat kuat yang telah digunakan di berbagai bidang dengan sistem yang sangat kompleks (biologi, ekonomi, epidemiologi, ilmu iklim, dll).
Ashe
Inilah mengapa saya masuk ke lapangan, saya ingin tahu!
Adunaic
63

Tidak adanya bukti bukanlah bukti ketidakhadiran.

- Martin Rees ( Wikipedia )

Jonik
sumber
67
Kutipan bagus, tapi itu tidak benar! Tidak adanya bukti bukanlah bukti ketidakhadiran, tetapi jelas bukti . Mengapa kita berpikir monopole magnetik (atau unicorn, dalam hal ini) tidak ada? Karena kami sudah mencari dan belum menemukan.
John D. Cook
13
Selain itu, Tzippy salah mengutip Sagan, karena Sagan tidak pernah percaya itu. Dia sebenarnya memasukkannya ke dalam daftar kesalahan di dalam kit detasemen omong kosongnya .
Raskolnikov
7
@ JohnD.Cook, +1. Namun, komentar Anda bergantung pada fakta bahwa kami telah melihat, dan bahwa ada peluang yang masuk akal untuk menemukan bukti jika itu benar-benar ada; pertimbangkan, misalnya, berbagai 'tautan yang hilang' yang akhirnya ditemukan (dan yang belum).
gung
1
Wikipedia tampaknya memuji Martin Rees ... yang juga bukan ahli statistik.
Glen_b
1
@ Glen_b Tampaknya Sagan mungkin mengatakan bahwa dalam beberapa ironi, jika semuanya, menjadi kritik terhadap kutipan Martin. Bagi saya, itu sesuatu yang perlu direnungkan, karena kosmologi penuh dengan contoh-contoh di mana prediksi dibuat untuk menjelaskan sumber kesalahan yang tidak dapat dijelaskan yang ternyata benar (atau tidak terbantahkan), misalnya radiasi latar belakang kosmik, materi gelap, dan teori Big Bang.
AdamO
54

Katakanlah Anda berdiri dengan satu kaki di oven dan satu kaki di ember es. Menurut persentase orang, Anda harus benar-benar nyaman.

-Bobby Bragan, 1963

Albort
sumber
8
Salah: 200 C dan 0 C rata-rata sekitar 100 C, yang merupakan titik didih air. Oven hanya turun menjadi sekitar 150 C, dan 75 C masih terlalu panas. Sekarang, jika Anda memiliki satu kaki di air panas (sekitar 55 C) dan satu kaki lagi di air es dingin ... maka Anda mungkin orang yang aneh.
alexfernandez
1
Gandakan salah. Es bisa berada pada suhu yang lebih rendah.
Firebug
1
@alexfernandez Oven saya dimulai pada 50 ° C. Ini adalah oven standar, dan semua oven di flat yang saya tinggali mulai pada suhu ini.
@apa yang saya kira memasak suhu rendah telah menurunkan suhu minimum, tapi saya ragu pada tahun 1963 ini yang terjadi.
alexfernandez
Ada ungkapan Rusia serupa yang saya terjemahkan sebagai "Suhu rata-rata pasien di rumah sakit normal".
Eduard Gelman
52

"Mudah berbohong dengan statistik; lebih mudah berbohong tanpa statistik."

- Frederick Mosteller

Buckminster
sumber
51

Tout le monde y croit cependant, saya disait un jour M. Lippmann, mobil les expérimentateurs s'imaginent que c'est un théorème de mathématiques, dan les mathématiciens que c'est un fait expérimental.

Henri Poincaré, Calcul des probabilités (edisi ke-2, 1912), hlm. 171.

Dalam Bahasa Inggris:

Semua orang percaya pada hukum kesalahan eksponensial [ yaitu , distribusi Normal]: para peneliti, karena mereka berpikir itu dapat dibuktikan dengan matematika; dan para ahli matematika, karena mereka percaya itu telah ditetapkan oleh pengamatan.

Whittaker, ET dan Robinson, G. "Distribusi Frekuensi Normal." Ch. 8 dalam The Calculus of Observations: A Treatise on Numerical Mathematics , edisi ke-4. New York: Dover, hlm. 164-208, 1967. hlm. 179.

Dikutip di Mathworld.com .

whuber
sumber
8
Ini adalah terjemahan yang agak bebas dari perkataan yang dikaitkan dengan Gabriel Lippmann oleh Henri Poincar di e-nya Calcul des probabilit (1896/1912). Asli dalam bahasa Prancis, naturellement. Lippmann memenangkan Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1908.
Nick Cox
46

Kekhawatiran terbesar saya adalah apa sebutannya. Saya berpikir untuk menyebutnya 'informasi,' tetapi kata itu terlalu sering digunakan, jadi saya memutuskan untuk menyebutnya 'ketidakpastian.' Ketika saya membahasnya dengan John von Neumann, dia punya ide yang lebih baik. Von Neumann mengatakan kepada saya, 'Anda harus menyebutnya entropi, karena dua alasan. Di tempat pertama fungsi ketidakpastian Anda telah digunakan dalam mekanika statistik dengan nama itu, sehingga sudah memiliki nama. Di tempat kedua, dan yang lebih penting, tidak ada yang benar-benar tahu apa itu entropi sebenarnya, jadi dalam debat Anda akan selalu mendapat keuntungan. '

Claude Elwood Shannon

robin girard
sumber
46

Saya tidak tahu tentang terkenal, tetapi berikut ini adalah salah satu favorit saya:

Melakukan analisis data seperti minum anggur yang enak. Penting untuk memutar dan mengendus anggur, membongkar buket yang rumit dan untuk menghargai pengalaman. Menuangkan anggur tidak berhasil.

-Daniel B. Wright (2003), lihat PDF of Article .

Referensi : Wright, DB (2003). Berteman dengan data Anda: Meningkatkan cara statistik dilakukan dan dilaporkan1. British Journal of Education Psychology, 73 (1), 123-136.

Jeromy Anglim
sumber
Menyukainya, meskipun itu mengingatkan saya pada en.wikipedia.org/wiki/Swiss_Toni
onestop
45

Semua yang kita ketahui tentang dunia mengajarkan kita bahwa efek A dan B selalu berbeda --- di beberapa tempat desimal --- untuk setiap A dan B. Dengan demikian bertanya "apakah efeknya berbeda?" bodoh

Tukey (sekali lagi tapi yang ini adalah favorit saya)

robin girard
sumber
Ini sebenarnya telah menyebabkan artikel yang sangat menarik ... :)
Tal Galili
@Tal: Sepenuhnya setuju! Saya pikir seluruh area pada pemisahan optimal dalam pengujian minimax dimulai dari ide ini ... dan masih sangat membingungkan bagi banyak ahli statistik. Bagi yang berminat, lihat kertas donoho projecteuclid.org/… (dan referensi di koran! Karena keadaannya jauh lebih tua dari kertas donoho)
robin girard
45

... tentu saja, Tuhan mencintai 0,06 hampir sama dengan 0,05. Dapatkah ada keraguan bahwa Allah memandang kekuatan bukti untuk atau melawan nol sebagai fungsi yang cukup berkesinambungan dari besarnya p? (hal.1277)

Rosnow, RL, & Rosenthal, R. (1989). Prosedur statistik dan pembenaran pengetahuan dalam ilmu psikologi. American Psychologist, 44 (10), 1276-1284. pdf

Henrik
sumber
Saya ingin mengambil yang ini sebagai jawaban yang saya terima! terlalu bagus untuk menjadi kenyataan !
robin girard
Lagi pula, saya dapat memberikan kutipan dari Lehman tentang itu: "Ada beberapa kemudahan dalam standardisasi seperti itu karena memungkinkan pengurangan dalam tabel tertentu yang diperlukan untuk melakukan berbagai tes".
robin girard
Rosnow & Rosenthal's adalah kutipan yang sangat berguna dan membuka mata yang hampir benar.
rolando2
1
@ rolando2: perluas. Apa yang tidak benar tentang itu?
naught101
@ naught101 - Pada titik ini saya tidak dapat memikirkan apa pun :-)
rolando2
44

Pada dua kesempatan saya telah ditanya [oleh anggota Parlemen], 'Berdoalah, Tuan Babbage, jika Anda memasukkan angka-angka yang salah ke mesin, apakah jawaban yang benar akan keluar?' Saya tidak dapat dengan tepat memahami jenis kebingungan gagasan yang dapat memancing pertanyaan semacam itu.

Charles Babbage

Frank Zafka
sumber
3
+1 Seorang pertanda menakjubkan dari kebodohan abad mendatang; "GIGO sebelum waktunya."
whuber
crap=crap
3
Apa Anda sedang bercanda? Bukankah ini yang dimaksud dengan ekonomi?
naught101
1
jika saya mengetik "stick axchange crss vlidated" ke Google, itu akan membawa saya ke sini!
Neil McGuigan
2
Saya memiliki kesempatan untuk menggunakan kalimat kedua Babbage yang luar biasa dalam berbagai situasi yang lebih luas daripada ini.
Glen_b
40

Subyektivis (yaitu Bayesian) menyatakan penilaiannya, sedangkan objektivis menyapu mereka di bawah karpet dengan menyebut asumsi pengetahuan, dan ia menikmati objektifitas sains yang agung.

IJ Bagus

ramhiser
sumber
oh bayesian itu soooo Bagus ...
robin girard
Saya suka yang ini. Sangat bagus !
steffen
Mengapa Bayesian selalu disamakan dengan subjektivis? - Bagaimana dengan ETJaynes dan 'orang Bayesia objektif' lainnya? Bagaimana dengan semua subjektivitas dalam frekuensi 'objektivis'?
gwr
2
@gwr Yah 'objektivitas' adalah konstruksi sosial yang secara subyektif dievaluasi sebagai pengalaman, sehingga memanggil orang-orang Bayesian tentang subjektivitas kurang pantas karena tidak benar, dan lebih tidak pantas karena lebih atau kurang semua orang adalah subjektivis. ;)
Alexis
40

Jangan percaya statistik apa pun yang Anda tidak palsu.

- Winston Churchill

shabbychef
sumber
6
Kutipan ini tampaknya hanya diketahui di Jerman dan ada keraguan bahwa itu asli, lihat tautan di bawah ini di mana Kantor Statistik Negara di Baden-Württemberg menunjukkan hasil penelitian mereka tentang kutipan ini (maaf ini hanya tersedia di Jerman). Times, misalnya, mengatakan bahwa mereka tidak pernah mendengarnya. statistik.baden-wuerttemberg.de/Veroeffentl/Monatshefte/…
psj
4
Bentuk alternatifnya adalah "Saya hanya percaya pada statistik yang saya rawat sendiri" kadang-kadang diklaim telah dimasukkan ke mulut Churchill oleh Goebbels selama perselisihan propaganda atas kerugian masa perang.
Henry
Saya akui bahwa saya tidak menyelidiki tentang asal usul kutipan. Namun, inti dari pernyataan itu tetap benar. Statistik, terutama di media massa, tidak pernah disajikan dengan informasi yang diperlukan untuk memperkirakan validitas atau kebenarannya.
ymihere
2
Apakah Churchill memenuhi syarat sebagai ahli statistik?
Glen_b
1
@ Glen_b Jika dia pernah memalsukan beberapa data, maka pasti!
Darren Cook