Universitas untuk Komputasi / Informasi Quantum?

Universitas mana yang memiliki kurikulum komputasi kuantum yang kuat, dan menawarkan beberapa jenis komputasi kuantum / program studi / penelitian?

Tujuannya di sini adalah untuk mengumpulkan daftar yang berguna bagi seseorang yang mempertimbangkan studi pascasarjana di bidang ini, bukan untuk membahas mana yang "terbaik". Agar daftar ini bermanfaat, harap sertakan uraian singkat tentang bagian universitas tempat bidang ini dikejar (di banyak tempat ini berada di lembaga lintas disiplin yang mungkin tidak familier bagi semua orang), dan URL.

Vincent Russo
Ini akan sangat subjektif; yang lebih penting, maksud situs web ini bukan untuk menentukan peringkat universitas. Pasti sudah cukup banyak dari mereka ... di sisi lain itu adalah pertanyaan yang sempurna untuk bertanya pada blog Scott (jika topik belum dibahas, yang tampaknya diragukan).
Ryan Williams
@Captainhampton: Inti dari menutup sebuah pertanyaan bukanlah untuk mencegah Anda dengan cara apa pun. Ini hanya untuk menunjukkan bahwa pertanyaan yang saat ini dinyatakan tidak dapat dijawab secara objektif.
arnab
Pertanyaan yang baru direvisi masih memiliki bentuk peringkat: "Silakan juga posting setiap tempat sebagai jawaban yang terpisah, sehingga mereka dapat dipilih secara terpisah." Biarkan saya mengatakan keberatan saya dengan cara lain: makalah peringkat, pembicaraan, masalah, jawaban ilmiah ... semua ini berada dalam ruang lingkup situs. Orang peringkat, universitas, program ... ini tidak dalam ruang lingkup. Itu terlalu kontroversial.
Ryan Williams
Tentu saja mereka semua subjektif, tetapi tidakkah Anda setuju bahwa topik tertentu sedikit lebih subjektif daripada yang lain? Apakah Anda benar-benar merasa sama nyamannya mengadakan pemungutan suara publik pada rekan-rekan Anda saat Anda memilih kertas mana yang harus dibaca? Saya tidak akan mengeluh jika pertanyaannya adalah komunitas wiki, tetapi masih demikian halnya jika Anda menghapus persyaratan peringkat, maka pertanyaan itu dapat dengan mudah dijawab dengan pencarian Internet. Di masa lalu, itu juga alasan untuk menutup pertanyaan.
Ryan Williams
Saya telah mengedit pertanyaan dan telah menghapus kalimat terakhir, IHMO sekarang cocok untuk dibuka kembali, jawaban harus dipilih berdasarkan kualitas informasi yang diberikan di dalamnya, bukan kualitas program yang disebutkan di dalamnya.
Kaveh

Ada dua wiki kuantum yang menyediakan daftar kelompok penelitian yang cukup baik di QIP: Quantiki dan Qwiki . Quantiki memiliki cakupan Eropa yang lebih baik, sedangkan Qwiki memiliki cakupan AS yang lebih baik.

Wilayah geografis yang saya tahu paling baik adalah Inggris. Di Inggris ada kelompok teori besar di Oxford, Cambridge, Bristol, University College London dan Imperial College, di antara tempat-tempat lain.

Di Oxford, tempat saya menghabiskan 5 tahun terakhir, penelitian QIP tersebar di sejumlah departemen: Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Material, dan Matematika. Tidak ada banyak kehadiran di Matematika, meskipun itu adalah afiliasi resmi Artur Ekert. Ilmu Komputer memiliki kelompok yang berkembang yang sebagian besar melihat teori kategori dan yayasan kuantum. Fisika memiliki cukup banyak kelompok berbeda mulai dari eksperimen hingga teori. Ilmu material anehnya adalah departemen di mana saya telah didasarkan (meskipun saya tahu sedikit tentang materi) dan ada kelompok teori di sana dan cukup banyak eksperimentalis. Ilmu Komputer, Material dan Fisika semua telah mengajarkan kursus komputasi kuantum yang dapat diambil menuju persyaratan kursus DPhil.

Semoga ini bermanfaat.

Joe Fitzsimons
Terima kasih banyak, Joe, tentu menunjukkan saya ke arah yang benar. Saya sangat menghargai bantuan Anda.
Vincent Russo
Tidak masalah. Ternyata, saya baru saja pindah ke Pusat Teknologi Quantum di Singapura, yang seperti yang disebutkan Artem adalah pusat besar lain untuk penelitian terkait komputasi kuantum dan yang memang memiliki program PhD khusus (lihat quantumlah.org/phd untuk detailnya). Ada berbagai kelompok penelitian yang mencakup CS, fisika teoretis dan fisika eksperimental.
Joe Fitzsimons

Sepengetahuan saya, satu-satunya lembaga / universitas yang saat ini memperkenalkan program pascasarjana eksplisit dalam pemrosesan informasi kuantum adalah: IQC di University of Waterloo, CQT di National University of Singapore, MIT, dan Imperial College. Keempat institusi tersebut bekerja bersama untuk menghasilkan semacam kurikulum standar. Institusi lain yang saya kenal adalah IQI di CalTech, grup di Berkley, dan cryptographers di University de Montreal. Ada juga kelompok kuat di Eropa dan Asia.

Artem Kaznatcheev

Université de Montréal memiliki laboratorium komputasi kuantum yang cukup kuat, yaitu Laboratoire d'informatique théorique et quantique . Ada dua program pascasarjana (Komputasi kuantum 1 & 2), empat profesor yang bekerja khusus pada komputasi kuantum (Gilles Brassard, Michel Boyer, Alain Tapp & Louis Salvail) dan beberapa mahasiswa pascasarjana. Gilles Brassard dianggap sebagai salah satu pendiri kriptografi kuantum dan juga memiliki kursi dalam komputasi kuantum . Kriptografi kuantum adalah salah satu topik penelitian utama mereka. Saya juga tahu bahwa mereka sedang melakukan penelitian tentang kompleksitas komunikasi kuantum. Laboratorium ini adalah anggota Lembaga Penelitian Transdisipliner dalam komputasi Quantum .

Michael Blondin
Di sisi lain Gunung Royal ada Universitas McGill yang menampung para peneliti QIP seperti David Avis, Claude Crépeau, Patrick Hayden, dan Prakash Panengaden (semua anggota InTRIQ dan CQIL).
Artem Kaznatcheev

Max Planck Institute melakukan banyak hal dalam Quantum Computation. Anda dapat melihat situs web Theory group mereka untuk informasi lebih lanjut tentang publikasi mereka, proyek dan posisi terbuka.

Sai Venkat

MIT memiliki tiga kelas pascasarjana di bidang yang saya tahu. Dua di antaranya, 8.370 (Komputasi Quantum) dan 8.371 (Ilmu Informasi Quantum ll) membentuk serangkaian dan merupakan kelas teoretis. Yang lain, 6.645 (fisika terapan) adalah bidang yang lebih praktis di mana siswa dapat meletakkan tangan mereka pada perkembangan aktual dan manipulasi qubit. 8.370 ditawarkan bersama oleh departemen matematika dan fisika, sementara 8.371 ditawarkan oleh departemen matematika, fisika dan EECS. 6.645 ditawarkan bersama oleh departemen fisika dan EECS. Profesor Shor, orang yang menemukan algoritma Shor untuk memfaktorkan angka pada komputer kuantum, mengajar 8.370 setahun sekali.

Yosef
Saya tidak mengajar 8.370 setahun sekali ... Itu ditawarkan setiap tahun, tetapi saya hanya mengajar beberapa tahun; Profesor Seth Lloyd dan Aram Harrow mengajarkannya beberapa tahun lagi.
-2

pusat perhitungan kuantum, Laboratorium Clarendon, universitas Oxford, yang menjalankan www.qubit.org dan rumah David Deutsch salah satu peneliti utama & senior di bidang ini.

ay
Jawaban Joe sudah mencakup ini.
Artem Kaznatcheev
baik. terjawab "oxford" di pesannya. jawabannya tidak menyebutkan www.qubit.org
vzn
-8

yang lembaga Perimeter di canada tampaknya tampaknya tidak berafiliasi dengan universitas tertentu namun memiliki dasar kuantum program penelitian termasuk kuat, kuantum pengolahan informasi sebagainya. (Penanya memang menyebutkan "institut" & sepertinya pembatasan buatan untuk membatasi secara ketat ke universitas.)

ay
berapa banyak yang kamu ketahui tentang lembaga ini? apakah kamu pernah ke sana Sudahkah Anda bekerja dengan seseorang di sana? Apakah Anda bekerja dalam komputasi kuantum? jika tidak, bagaimana Anda bisa mengevaluasi program mereka? (Saya bukan ahli dalam komputasi kuantum, tetapi bagi saya sepertinya Anda juga tidak. Lebih baik membiarkan para pakar yang berpengetahuan luas tentang bidang menjawab pertanyaan.)
Kaveh
ps: Saya pikir ini adalah masalah umum dengan jawaban Anda, mereka tampaknya merupakan hasil pencarian dan bukan keahlian / pengetahuan. Sejauh ini Anda telah memposting 46 jawaban dan hanya 9 dari mereka yang memiliki skor +2.
Kaveh
PI tidak melakukan komputasi kuantum, yang ditangani oleh IQC (tercakup dalam jawaban saya) juga di Waterloo; banyak fakultas yang ditunjuk di antara keduanya. Saya juga sepenuhnya setuju dengan sentimen @ Kaveh.
Artem Kaznatcheev
OP tertarik pada program pascasarjana. PI tidak menawarkan program pascasarjana dalam komputasi kuantum, meskipun mereka memiliki program Master satu tahun yang luar biasa dalam fisika.
Peter Shor
@ Artem: Saya harus tidak setuju. PI memang melakukan komputasi kuantum, seperti yang Anda tahu jika Anda melihat daftar fakultas mereka . Banyak rekan postdoctoral PI dalam komputasi kuantum, serta beberapa fakultas permanen, dan banyak rekan fakultas yang posisi utamanya di IQC.