Apakah semua bintang masif meledak?

Saya telah membaca beberapa artikel yang ditulis pada tahun bahwa beberapa bintang yang memiliki massa cukup hanya runtuh ke dalam lubang hitam tanpa supernova, apakah ini terbukti?2008

kingW3
Supernova yang gagal tentu saja mungkin, tetapi juri masih keluar pada lubang hitam yang muncul: arxiv.org/abs/1609.01283
disebut2voyage
Ada hipotesis tentang supernova yang berada di bintang masif sehingga lapisan luarnya mengandung ledakan, namun lubang hitam masih terbentuk di tengah. Mereka mungkin stabil selama beberapa juta tahun bahkan. Saya baru saja melihat video ini kemarin membicarakannya. Mereka juga tidak memiliki jawaban yang pasti, tetapi sedikit lebih banyak informasi tentang topik tersebut.
Cody

Ada berbagai model bintang yang runtuh ke dalam lubang hitam tanpa ledakan supernova yang tepat. Ini sering disebut supernova gagal atau lubang hitam runtuh langsung - meskipun yang pertama tampaknya lebih umum. Supernova yang gagal dapat terjadi jika gelombang kejut awal yang pulih dari keruntuhan kehilangan cukup energi, menyebabkannya melemah. Neutrino yang diproduksi dalam inti sering kali memasok energi ini, tetapi ledakan yang cukup kecil mungkin tidak cukup untuk membuat kejutan terus berlangsung. Mungkin ada keruntuhan sederhana.

Massa minimum untuk nenek moyang dari supernova yang gagal tidak diketahui (dan seperti yang ditunjukkan Rob Jeffries, ini adalah ketergantungan pada logam). Beberapa model awal (misalnya Fryer (1999) ) menemukan bahwa bintang di atas dapat menghasilkan supernova yang gagal, sementara yang lebih baru menunjukkan bahwa ini bisa serendah . Batas bawah ini akan mencakup sebagian besar supergiant merah - yang bisa menjadi solusi yang mungkin untuk masalah supergiant merah .40M25M

Sejumlah pencarian, sebagian besar menargetkan supergiants, telah dilakukan. Hanya sedikit

• Adams et al. (2016) , menggunakan Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk memeriksa N6946-BH1 , supergiant merah menghilang sebesar .25M
  • Reynolds et al. (2015) , melihat data Hubble sebelumnya. Mereka menemukan satu kandidat, red supergi di NGC 3021 .25-30M

Sejauh ini, kami tidak memiliki konfirmasi pasti bahwa bintang-bintang ini adalah supernova yang gagal. Namun, mereka tampaknya kandidat yang masuk akal, dan ada banyak kemungkinan di luar sana. Satu kelompok mengusulkan pemantauan satu juta supergiant dalam upaya untuk menangkap supernova yang gagal. Mungkin mereka akan berhasil.

HDE 226868
Deteksi baru-baru ini dari sumber gelombang gravitasi membuat produksi 30 lubang hitam massa matahari diperlukan. Ini tidak mungkin diproduksi di supernova, saya pikir. Juga patut disebutkan bahwa peristiwa keruntuhan langsung lebih mungkin terjadi pada benda dengan logam rendah.
Rob Jeffries
JPL baru saja memposting beberapa hari yang lalu sebuah artikel baru di N6946-BH1 dan gagal supernova secara umum. Ia mengklaim bahwa sebanyak 30 persen dari bintang 25 massa matahari atau lebih besar dapat runtuh ke dalam lubang hitam tanpa supernova.
dipanggil2voyage
@ called2voyage Itu menarik; Saya harus membacanya.
HDE 226868