Kemana TRAPPIST-1a pergi?

Konvensi untuk penamaan planet adalah bahwa planet terdekat dengan bintang (jika beberapa planet ditemukan pada waktu yang bersamaan) dinamai "bintang" b, maka "bintang" c dan seterusnya. Seperti yang ditunjukkan dengan tepat oleh Zephyr, jika penemuan lebih serampangan, urutan penemuan lebih diutamakan daripada jarak dari bintang).

Jadi, tidak ada Trappist-1a. Atau Anda dapat menganggapnya sebagai bintang itu sendiri jika Anda suka, meskipun itu menjadi membingungkan jika bintang itu sendiri merupakan bagian dari sistem bintang ganda, di mana ia mungkin dikenal sebagai "bintang" A atau "bintang" B dll. (Catatan, huruf besar), tergantung di mana ia berada dalam hierarki.

Rob Jeffries
Menarik. Adakah di mana konvensi itu dimulai? Saya kira seseorang di suatu tempat bernama bintang "bintang", dan itu menjadi sebuah konvensi, tetapi saya tidak tahu apa-apa.
JiK
Wikipedia memiliki artikel tentang konvensi penamaan planet exo termasuk referensi dan beberapa pengecualian sejauh ini.
Adwaenyth

Untuk menambah jawaban Rob, saya ingin memperluas dari mana konvensi penamaan ini berasal.

International Astronomical Union (IAU) adalah organisasi yang umumnya menetapkan konvensi dan definisi. Merekalah yang menurunkan Pluto menjadi planet kerdil pada tahun 2006. Pokoknya, sebelum planet ekstrasurya ditemukan, telah ada konvensi untuk penamaan sistem bintang ganda. Aturannya adalah bahwa Anda memberi nama pada sistem, misalnya Alpha Centauri, dan kemudian bintang paling terang dalam sistem itu ditetapkan oleh "A". Setiap benda lain kemudian diberi huruf "B", "C", dll. Sistem Alpha Centauri memiliki tiga bintang di dalamnya dan mereka dinamai Alpha Centauri A (Yang paling terang di antara ketiganya), Alpha Centauri B, dan Alpha Centauri C (alias Proxima Centauri).

Kebaktian ini kemudian berlanjut ke penamaan planet ekstrasurya. Bintang, menurut konvensi ini adalah "A", sedangkan semua exoplanet diberi huruf "b" dan seterusnya. Perhatikan bahwa umumnya huruf exoplanet adalah huruf kecil, sedangkan huruf besar untuk bintang. Perhatikan juga bahwa jika Anda memiliki bintang (misalnya TRAPPIST-1) di sekitar planet mana yang ditemukan, nama bintang tersebut tidak menjadi TRAPPIST-1 A. "A" tersirat.

Hanya untuk menunjukkan poin lain yang menarik dengan konvensi penamaan ini, surat-surat planet tidak selalu menandakan jarak mereka dari bintang. Yaitu, planet "b" belum tentu yang terdekat, diikuti oleh "c", dll. Planet-planet diberi label pada saat mereka ditemukan. Seseorang dapat menemukan planet, beri label "b" dan kemudian menemukan planet kedua yang lebih dekat dan beri label "c". Kebetulan bahwa huruf TRAPPIST 1 dalam urutan karena tiga yang pertama ditemukan pada waktu yang sama dan diberi label menurut jarak, kemudian 4 terakhir ditemukan pada waktu yang sama dan diberi label berdasarkan jarak.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang seperangkat aturan lengkap tentang hal ini di halaman konvensi penamaan exoplanet Wikipedia . Ada banyak peringatan seperti apa yang harus dilakukan ketika planet Anda mengorbit sistem biner.

angin barat
Tapi kemudian planet pertama jika nama bintang sekunder aneh - mis. Alpha Centaury B b.
Guss
@ Guss Tentu ini aneh. Bahkan satu nama yang valid dari planet yang baru-baru ini ditemukan di sekitar Proxima Centauri adalah Alpha Centauri Cb . Tetapi siapa yang pernah mengatakan konvensi penamaan astronomi tidak aneh? Mereka selalu aneh, berbelit-belit, dan sulit dimengerti. Itulah yang terjadi ketika Anda memiliki ilmu pengetahuan dengan konvensi penamaan ribuan tahun.
zephyr
Ini lebih benar daripada jawaban yang saat ini diterima.
NeutronStar
Itulah yang terjadi ketika Anda memiliki ilmu pengetahuan dengan konvensi penamaan ribuan tahun. ... itu juga yang terjadi ketika Anda memiliki alam semesta yang tampaknya membuat hal-hal sulit dikategorikan dengan rapi, vs manusia yang memiliki kebutuhan bawaan untuk melakukan hal itu.
Simba
Ini IS Ceti Alpha V! youtu.be/Uhu5V8VRxFU?t=16s
Eight-Bit Guru

Alasannya adalah karena exoplanet yang mengorbit bintang diberi nama sesuai urutan penemuannya, dimulai dengan huruf b. Terkadang, dalam sistem dengan dua bintang, katakanlah Alpha Centauri, ada dua bintang, Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B, sejauh ini tidak ada pesawat yang ditemukan dalam sistem. Jika ada planet yang mengorbit salah satu dari dua bintang itu, katakanlah misalnya sebuah planet yang mengorbit Alpha Centauri A, planet pertama yang ditemukan akan bernama Alpha Centauri Ab, dan seterusnya untuk Alpha Centauri B. Huruf besar huruf biasanya hanya digunakan dalam nama bintang.

ElectricSupernova