Perkiraan terbaik untuk lintasan Sun di sekitar pusat galaksi?

Apa perkiraan terbaik saat ini untuk jalur yang ditempuh Matahari di sekitar pusat Bima Sakti?

Saya telah menemukan beberapa informasi tentang perkiraan posisi pusat Bima Sakti, kecepatan orbit Matahari, dan kecenderungan / deklinasi orbit Matahari. Saya juga telah melihat model yang menyarankan Tata Surya berosilasi naik dan turun saat berputar di sekitar pusat galaksi.

Saya bertanya-tanya apakah ada pendekatan yang disepakati (plot posisi 3d vs waktu) yang mencakup semua faktor ini.

tschie

Matahari mengorbit dalam potensi Galaksi. Gerakannya kompleks; dibutuhkan sekitar 230 juta tahun untuk membuat sirkuit dengan kecepatan orbital sekitar 220 km / s, tetapi pada saat yang sama ia bergerak ke atas dan ke bawah sehubungan dengan pesawat Galactic setiap juta tahun dan juga goyangan masuk dan keluar setiap juta tahun (ini disebut gerakan episiklik). Amplitudo spasial dari osilasi ini adalah sekitar 100 pc secara vertikal dan 300 pc dalam arah radial ke dalam dan ke luar di sekitar jari-jari orbital rata-rata (saya tidak dapat menemukan angka yang tepat untuk yang terakhir).70150

Ini ditetapkan dengan mengukur bagaimana Matahari bergerak sehubungan dengan rata-rata pergerakan bintang-bintang di sekitar matahari - yang disebut standar istirahat lokal. Perkiraan gerak Matahari sehubungan dengan LSR sedikit berbeda. Menurut Dehnen & Binney (1998) Matahari saat ini bergerak pada 10 km / s ke dalam, sekitar 5 km / s lebih cepat dari bintang rata-rata yang bersinggungan dengan pusat Galactic dan sekitar 7 km / s ke atas keluar dari bidang Galactic. Meskipun seperti yang saya sebutkan sebelumnya, gerakan ini bersifat osilasi di sekitar nilai rata-rata. Matahari saat ini sekitar 8,5 kpc dari pusat Galactic dan sekitar 20 pc "utara" dari pesawat Galactic.

Saya meninggalkannya sebagai latihan bagi pembaca untuk memvisualisasikan orbit ini. Dari sisi tampilan akan terlihat seperti osilasi pseudo-sinusoidal. Dari atas disk itu akan terlihat seperti elips yang sedikit eksentrik dengan presesi yang sangat besar.

Semua hal di atas mengasumsikan bahwa Matahari bergerak dalam potensi Galactic yang halus. Faktanya keberadaan lengan spiral, batang Galaksi dan keberadaan awan molekul raksasa yang gumpal dapat dan akan mengganggu orbit Galaksi Matahari di sekitar perilaku reguler yang dijelaskan di atas, sehingga memprediksi lokasi Galaksi Matahari dalam satu miliar tahun atau lebih tidak tentu akan menjadi sangat akurat.

Rob Jeffries
Untuk pengguna anonim yang membuat komentar dan tidak mengedit jawaban saya: osilasi radial ~ 300pc dalam ~ 150 juta tahun berarti kecepatan osilasi keluar-masuk rata-rata beberapa km / s; sangat kompatibel dengan yang saat ini dipahamiUkecepatan Matahari mempengaruhi standar istirahat lokal.
Rob Jeffries