Apakah mungkin untuk mengukur pergeseran merah galaksi menggunakan peralatan teleskop konsumen?

Saya bertanya-tanya apakah mungkin untuk mengukur pergeseran merah dari galaksi jauh menggunakan peralatan teleskop kelas konsumen dan filter spektroskopi. ( seperti ini )

Saya membayangkan itu akan membutuhkan pelacakan mount, dan aperture yang cukup untuk mengumpulkan data pada objek samar yang jauh, tapi saya bertanya-tanya apakah itu akan memerlukan peralatan yang lebih sensitif maka alat kelas konsumen tersedia untuk di bawah 5-6 ribu.

Tujuan jangka panjang adalah mereplikasi karya Hubble, dan secara langsung mengukur tingkat ekspansi alam semesta dari peralatan halaman belakang.

asawyer

Sepertinya Anda dapat mengukur pergeseran merah kosmologis quasar menggunakan peralatan itu dan reflektor 14 ":

http://www.rspec-astro.com/sample-projects/ (setengah halaman)

Jadi, jawabannya adalah ya, Anda bisa melakukannya, dengan anggapan halaman itu bukan hasil rekayasa total. Tampaknya masuk akal bagi saya: pergeseran merah dari quasar cukup besar di 0,15 (meskipun itu kecil untuk quasar), yang berarti bahwa garis spektral akan digeser oleh sesuatu seperti 15%. Jadi Anda tidak perlu memiliki kisi difraksi yang sangat baik untuk melihat perubahannya. Dan quasar itu cukup cerah untuk quasar, pada magnitude 13, sehingga Anda dapat dengan mudah melihatnya dengan cakupan yang baik. Kedengarannya seperti proyek yang menyenangkan!

freelanceastro
Benar - satu-satunya hal tentang galaksi adalah bahwa mereka bukan sumber poin, dan secara intrinsik tidak seterang quasar. Anda mungkin harus menunggu beberapa saat jika Anda ingin mendapatkan spektrum.
astromax
Benar. Saya pikir quasar akan menjadi target yang baik di sini karena mereka memiliki pergeseran merah yang tinggi dan karena mereka sangat cerdas. Dan secara teknis, mereka adalah galaksi yang jauh ...
freelanceastro
Menarik! Saya ingin tahu bagaimana Anda akan menemukan daftar co quasar untuk garis lintang saya.
Inilah tempat untuk memulai: heasarc.gsfc.nasa.gov/W3Browse/all/milliquas.html
freelanceastro
@astromax Saya melihat ke pelacakan mount yang mampu melakukan eksposur lama yang dibutuhkan. Saya pikir Anda juga perlu panjang fokus yang cukup panjang, mungkin Maksutov-Cassiagrain seperti teleskop.com/Telescopes/Cassegrain-Telescopes/…
asawyer

Seperti yang dicatat freelanceastro dalam jawabannya: Ya , Anda dapat mengukur pergeseran merah kosmologis quasar dengan peralatan sederhana.

Halaman yang dia maksud bukan fabrikasi. (Lihat artikel tentang spektroskopi astronomi amatir di Sky & Telescope edisi Agustus 2011 ). Banyak amatir telah melakukan pengukuran ini dengan berbagai instrumen, termasuk kamera keamanan yang dimodifikasi pada SCT 8 ". (Yang hanya butuh total 15 menit) waktu integrasi, yaitu tentang apa yang sebagian besar amatir temukan menggunakan peralatan tipikal.)

Seperti yang Anda perhatikan, asawyer, quasar adalah target yang baik untuk pengukuran pergeseran merah karena kecepatan radialnya sangat tinggi. Pergeseran objek Doppler yang lebih dekat dari 3C 273 lebih sulit untuk diukur karena kecepatan radialnya jauh lebih rendah.

Sebagai catatan astromax, menangkap spektrum objek yang diperluas umumnya membutuhkan celah, tetapi tidak selalu! Sebagai contoh, banyak amatir menangkap spektra komet ISON, yang tentunya bukan objek yang kompak! Lihat yang ini, dilakukan hanya dengan DSLR dan refraktor 80 mm:

masukkan deskripsi gambar di sini

Jika Anda tertarik pada 3C 273, jika Anda melewatkannya, ada transkrip indah dari wawancara dengan penemunya, Maarten Schmidt di sini: http://www.aip.org/history/ohilist/4861.html . Itu agak panjang. Cari teks untuk teks "Desember 1962" untuk bagian yang relevan. Ini adalah bacaan yang menyenangkan tentang bagaimana dia membuat penemuan dan pengalaman pribadinya dari proses tersebut.

Pengguna RSpec