Data Mentah Yang Dapat Diperoleh dalam Astropotografi Amatir

Data mentah apa yang dapat saya peroleh dari 8 "Teleskop Dobsonian Klasik, dan DSLR? Dapatkah sesuatu yang membuka mata para astronom amatir dapat dihitung atau dihitung secara langsung dengan peralatan seperti itu? Saya yakin para ilmuwan pasti telah mempertimbangkan peralatan ini" teknologi canggih "pada suatu titik dalam sejarah tidak terlalu jauh ke belakang ... Bisakah saya menemukan kembali atau menghitung beberapa Hukum (seperti hukum Kepler) atau beberapa hal lain yang para astronom amatir akan kagum untuk menghitung sendiri (seperti jarak ke planet) menggunakan peralatan ini ?

GoodChessPlayer

Pertama, memasangkan dob klasik dengan DSLR agak seperti pernikahan senapan. Dobsonian pada dasarnya adalah teleskop visual. Sebagian besar produsen bahkan tidak mempertimbangkan kemungkinan bahwa instrumen ini dapat digunakan untuk pengumpulan data melalui sensor. Ada 2 masalah di sini:

1. Dobsonian tidak melacak

Langit bergerak, dob tetap diam. Anda harus mendorong dob untuk mengikuti langit. Setiap foto eksposur lama akan dioleskan. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan platform khatulistiwa , yang akan memindahkan dob secara sinkron dengan langit.

Harap dicatat bahwa hanya platform terbaik yang memungkinkan waktu pemaparan yang cukup lama. Maka hasilnya bisa cukup baik.

2. Tidak ada fokus belakang yang cukup

Foto-foto terbaik diambil ketika Anda melepas lensa dari kamera, tancapkan langsung ke teleskop , dan biarkan cermin utama untuk memfokuskan gambar langsung pada sensor. Ini disebut fotografi fokus utama. Tetapi kebanyakan dobs tidak dapat mencapai sensor di dalam kamera, karena fokus utama mereka tidak cukup menonjol. Ada beberapa solusi untuk ini, seperti menggunakan barlow, memindahkan cermin utama ke dalam selnya, dll.

Intinya adalah bahwa dibutuhkan upaya untuk membuat dob ​​dan DSLR bermain bagus bersama. Apakah bisa dilakukan? Iya. Apakah ini sederhana dan langsung? Tidak. Jadi jawaban literal untuk pertanyaan Anda adalah tidak banyak yang dapat Anda lakukan hanya dengan dob dan DSLR.

Anda dapat mengambil foto Bulan dan Matahari, karena paparan singkat di sana tidak memerlukan pelacakan, tetapi cukup banyak. Berikut adalah gambar Bulan yang saya ambil dengan 6-dob buatan rumah (dengan optik buatan sendiri) dan kamera tanpa cermin (fokus utama, sekitar 1/320 detik paparan):

bulan

Membuat latar belakang desktop kecil yang lucu, kurasa, tapi jelas bukan kelas riset.

Sekarang tambahkan platform pelacakan dan segalanya menjadi lebih menarik, dan kemungkinan terbuka cukup banyak.

Dalam pengertian yang lebih umum:

Ada teleskop yang secara khusus dibuat untuk astrophotography. Mereka memiliki banyak fokus belakang, mereka pendek dan ringan dan oleh karena itu dapat dengan mudah dipasang pada dudukan pelacakan. Lebih penting lagi, ada pelacakan mount yang dibuat khusus untuk pencitraan - mekanisme yang sangat tepat dan halus yang mengikuti gerakan langit dengan akurasi tinggi. Padahal, mount lebih penting daripada lingkup.

Contoh tipikal adalah teleskop C8 yang dipasang pada mount CGEM , atau apa pun yang setara. Kecuali itu, dob dengan banyak fokus belakang duduk di platform pelacakan yang sangat halus (mungkin tidak seakurat GEM, tetapi cukup baik untuk banyak tujuan).

Pastikan Anda tidak melebihi kapasitas beban dudukan. Jika dudukan mengklaim dapat membawa jumlah X berat, yang terbaik adalah jika berat teleskop tidak melebihi 1/2 dari jumlah itu. Dekat dengan batas beban berat, semua dudukan menjadi tidak tepat. Pengecualiannya adalah pemasangan kelas atas (paling mahal) yang menelan biaya ribuan dolar dan biasanya memenuhi janji mereka dalam hal kapasitas muat 100%.

Setelah Anda memiliki: jalur pelacak, kamera yang bagus, dan teleskop (tercantum di sini dari yang paling penting hingga yang tidak penting), Anda dapat mulai menggambar berbagai bagian langit untuk penelitian. Ada 2 kelas utama objek yang bisa Anda gambar:

1. Objek tata surya

Mereka disebut "objek tata surya" tetapi kelasnya mencakup apa pun yang cukup cerah, tidak terlalu besar, dan resolusi tinggi. Pelacakan itu penting tetapi tidak terlalu penting.

Anda memerlukan kamera sensitif dan berkecepatan tinggi yang dapat mengambil ribuan gambar dengan cepat (film, pada dasarnya). Ini disebut kamera planet . Mereka umumnya memiliki sensor kecil, sensitivitas tinggi, dan dapat beroperasi pada kecepatan frame tinggi (ratusan frame per detik).

Sebagai alternatif murah di awal Anda bisa menggunakan webcam, ada tutorial di Internet tentang itu. DSLR dalam mode video dalam fokus utama mungkin berfungsi, tetapi akan melakukan banyak pixel binning, sehingga resolusi akan sangat berkurang kecuali Anda menggunakan barlow yang sangat kuat (atau setumpuk barlows).

Anda akan memuat semua gambar itu dalam perangkat lunak yang akan melakukan "penumpukan" untuk mengurangi semuanya menjadi satu gambar yang jauh lebih jelas.

Ruang lingkup perlu beroperasi pada focal length yang panjang, f / 20 adalah tipikal, sehingga barlow biasanya diperlukan. Semakin besar aperture, semakin baik.

2. Objek luar angkasa (DSO)

Ini adalah segala sesuatu yang cukup pudar dan kabur, seperti galaksi, tetapi beberapa komet juga mirip DSO dalam penampilan mereka. Anda perlu mengambil eksposur yang sangat panjang; biasanya selusin atau beberapa lusin gambar, masing-masing antara 30 detik dan 20 menit paparan, kadang-kadang bahkan lebih lama. Pelacakan yang sangat tepat adalah yang terpenting, jadi Anda membutuhkan pelacakan terbaik yang bisa Anda beli. Autoguiding juga diperlukan untuk memperbaiki kesalahan pelacakan.

Ruang lingkup perlu beroperasi pada rasio fokus pendek, f / 4 cukup bagus, tetapi serendah f / 2 juga digunakan; reduksi fokus (kebalikan dari barlows) digunakan dengan beberapa teleskop, seperti ini atau seperti ini . Bukaan tidak berarti banyak; refraktor kecil digunakan dengan hasil yang baik.

Kamera harus memiliki noise yang sangat rendah; Kamera DSO menggunakan pendinginan aktif yang menurunkan suhu 20 ... 40 C di bawah ambient. Biasanya mereka memiliki sensor besar.

DSLR juga dapat memberikan hasil yang layak, tetapi noise mereka biasanya lebih tinggi dari kamera khusus, jadi Anda harus bekerja lebih keras untuk hasil yang sama.

Perangkat lunak khusus digunakan untuk memproses, menumpuk, mengurangi kebisingan, dll.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan dengan pengaturan seperti itu?

Perburuan komet atau asteroid bekerja dengan sangat baik. Terry Lovejoy telah menemukan beberapa komet baru-baru ini menggunakan peralatan dan teknik seperti yang dijelaskan di atas. Di sini Terry berbicara tentang pekerjaannya .

Pelacakan bintang variabel juga terbuka untuk amatir. Ini juga bisa dilakukan secara visual, tanpa kamera apa pun, hanya sederetan, pembuatan catatan yang cermat, dan banyak kesabaran.

Dengan sedikit keberuntungan, Anda juga bisa menjadi orang yang menemukan supernova baru di galaksi terdekat. Anda tidak memerlukan instrumen profesional, Anda hanya perlu mengarahkan ruang lingkup ke arah yang benar pada waktu yang tepat dan menjadi yang pertama melaporkannya . Ini juga bisa dilakukan secara visual murni, tidak ada kamera, hanya dob.

Florin Andrei

Anda memang benar: amatir dapat melakukan banyak ilmu dengan peralatan yang Anda miliki.

Buku " Astronomical Discoveries You Can Make, Too! ", Oleh Robert Buchheim, berisi daftar pengamatan sejarah terkenal yang dapat direplikasi oleh para amatir.

Tos