Meledakkan asteroid / komet benar-benar berpotensi lebih buruk?

Seringkali di acara televisi dan di artikel yang saya lihat disebutkan bahwa selalu buruk untuk meledakkan asteroid atau komet karena dengan begitu energi akan menyebar dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Menurut beberapa perkiraan, saya telah melihat sekitar 100 ton (atau lebih) meteoroid menghantam Bumi setiap hari. Jika semua ini digabungkan menjadi satu asteroid tunggal, itu bisa menghancurkan seluruh kota besar.

Mengingat itu saja, sepertinya bagiku lebih logis untuk mengambil kesempatan dan meledakkan asteroid dan dengan demikian memangkas bobotnya, menyebabkan lebih banyak lebih mudah terbakar saat masuk, sehingga ketika itu mengenai , itu akan menyebabkan lebih sedikit kerusakan.

Apakah ini logis? Jika sains / matematika / fisika saya salah, saya ingin mengerti mengapa membakar lebih banyak dengan menyebarkan lebih buruk dibandingkan dengan membuatnya lebih terkonsentrasi dan jauh lebih berbahaya.

simontemplar
Jika 100 ton adalah es dan dibentuk menjadi kubus, itu akan menjadi sekitar 46,4 m di setiap sisi. Meteor sebesar ini hanya akan memengaruhi area kecil. Ketika Anda mendapatkan meteor yang lebih besar, Anda mungkin perlu lebih dari satu rudal untuk memecahnya menjadi potongan yang cukup kecil.
LDC3
@ LDC3 tetapi bagaimana jika itu berbatu dan mendekat pada sudut yang curam (> 45deg)?
Supuhstar
100 ton es = 109 meter kubik = 4,77 meter kubus
MadBender

Nah ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Awalnya jika Anda dapat memastikan bahwa setelah Anda meledakkan asteroid, Anda akan berakhir dengan banyak potongan yang cukup kecil sehingga mereka akan: satu, terbakar di atmosfer atau dua, dijauhkan dari Bumi (dan tidak memukul kami lima) tahun kemudian) maka kita baik-baik saja, dan meledakkan asteroid dengan rudal akan menjadi solusi yang adil.

Masalahnya di sini terletak pada kenyataan bahwa kita hanya tahu sedikit tentang komposisi internal asteroid secara umum, dan mungkin bahkan lebih sedikit tentang komposisi asteroid tertentu, sehingga sangat sulit untuk memprediksi dengan tepat di mana potongan asteroid yang dihasilkan oleh suatu dampak atau tidak. akan berakhir atau, menuju atau bahkan ukurannya.

Skenario lain mungkin bahwa jika Anda secara efektif menghancurkan asteroid menjadi potongan-potongan kecil yang kemudian bisa terbakar ke atmosfer, dan jika potongan-potongan itu kebetulan dikonsumsi oleh atmosfer Bumi, itu akan memanaskan memprovokasi mungkin hari yang tidak menyenangkan di Bumi tentu saja tergantung pada massa objek.

Tetapi ada solusi yang jauh lebih baik daripada yang diilhami Armageddon-Hollywood. Ini disebut penambatan gravitasi. Ada sesuatu yang kita ketahui, dan kita tahu betul tentang asteroid, dan itu akan menjadi jalur lintasan atau orbitnya. Bahkan ketika asteroid baru ditemukan, orbitnya dapat dihitung dengan sangat cepat dan akurat (karena kita tahu gravitasi tata surya dengan sangat baik). Jadi jika asteroid berdampak pada Bumi, kemungkinan kita akan tahu dengan bertahun-tahun, mungkin beberapa dekade sebelumnya. Jadi kita bisa mengirim kendaraan luar angkasa (disebut gravitasi traktor), dengan massa dan waktu yang cukup di muka, dan menempatkannya tepat di samping asteroid, sehingga memungkinkan kita untuk memiringkan orbitnya hanya dengan jumlah kecil, karena tarikan gravitasi antara kedua benda. Sekarang ketika Anda mempertimbangkan efek jumlah kecil itu dalam jangka panjang, itu secara efektif mengalihkan jalur asteroid yang diberikan dari Bumi sehingga tidak akan menabrak kita 20 atau 30 tahun kemudian.

Dan ini adalah sesuatu yang kita kontrol, dan sesuatu yang dapat kita prediksi dengan sangat akurat. Ini adalah cara (aman) untuk pergi.

Jika Anda masih tidak senang dengan jawaban saya, Anda dapat mendengarkan Neil de Grasse Tyson sendiri menjelaskannya dalam video 5 menit ini .

Lihat juga ceramah ini dari Museum Sejarah Alam Amerika tentang LINK "Membela Bumi dari Asteroid"

Referensi lebih lanjut di sini .

Harogaston
"Jadi bayangkan kamu meledakkan asteroid 10 km dan berakhir dengan beberapa batu sepanjang 600 m yang mengalir menuju Bumi, maka kamu hanya membuat masalahnya semakin buruk." Bukankah itu beranggapan bahwa tidak ada yang akan terbakar di atmosfer lebih dari satu bagian padat? Anda mungkin memiliki objek 600 m lebih kecil, tetapi jika lebarnya 10 km, saya tidak mengerti bagaimana Anda dapat memperburuknya .
simontemplar
Ya, dalam kalimat itu saya berasumsi bahwa potongan-potongan itu tidak akan dikonsumsi di atmosfer dan akan menghasilkan banyak dampak pada permukaan Bumi. Bagaimanapun, itu dimaksudkan untuk berfungsi sebagai contoh dari kompleksitas solusi itu. Dan apakah itu 10 atau 30 km atau 600 atau 150 m potongan tidak relevan dengan titik yang saya coba buat. Saya hanya ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana meledakkan asteroid berpotensi lebih buruk, yang Anda tanyakan; dan memberi Anda apa yang paling luas dianggap sebagai pendekatan yang tepat.
harogaston
Saya sangat menyarankan Anda melihat video YouTube ini
harogaston
Saya tidak menanyakan cara yang tepat untuk menghindari dampak asteroid, saya secara khusus bertanya apakah menyebarkannya atau tidak akan benar-benar mengurangi dampak karena itu akan menjadi potongan-potongan kecil yang memungkinkan lebih banyak untuk terbakar, jika jawabannya "tidak" pada dasar bahwa seseorang tidak memperhitungkan fakta bahwa Bumi memiliki atmosfer, maka bukan itu yang saya tanyakan.
simontemplar
Asteroid adalah permainan anak-anak segera ketika hampir semua yang besar berbahaya akan diidentifikasi. Namun, komet tidak memberi kita 20 tahun, tetapi mungkin hanya 20 hari. Jadi kalian yang nongkrong di sini berkata: astronomy.stackexchange.com/questions/2544/… Nuke pada ICBM yang dikonversi mungkin merupakan hal yang baik untuk dipersiapkan untuk acara tersebut. Setidaknya sebagian dari massa akan menguap dan beberapa fragmen merindukan Bumi. Dan yang kedua bisa memperbaiki hasil yang tidak terduga dari yang pertama.
LocalFluff

Asteroid yang menghancurkan dinosaurus setara dengan sekitar satu miliar bom hiroshima atau satu juta "Bom Tsar" (bom atom terbesar). Kekuatan tandingan dari energi yang terlibat untuk menjinakkan bahwa energi kinetik adalah dinamika yang kompleks, dirancang secara ilmiah dan ditiru yang melibatkan: defleksi, disintegrasi dan mengurangi kecepatan dampak.

Hal yang paling berbahaya bagi bumi adalah ledakan pendek terkonsentrasi pada kerak bumi yang menyebabkan musim dingin nuklir dan aktivitas vulkanik yang tak terkendali dan mengirimkan awan mineral ke langit sebagai lawan dari es yang datang melalui atmosfer, dan sulit untuk mengatakan di luar titik mana lebih baik menghanguskan permukaan bumi daripada menyetrumnya.

Ini studi yang sangat teknis. Energi dilepaskan baik sebagai panas atau gelombang kejut atau keduanya, jadi jika Anda ingin mengurangi kerusakan pada bumi Anda harus mengukur cuaca ia akan menahan gelombang kejut yang lebih baik daripada panas besar.

Pada akhirnya sistem pemantauan asteroid SENTRY saat ini dan perlindungan asteroid masa depan akan memberikan waktu yang cukup sehingga itu lebih merupakan pilihan untuk membelokkan asteroid sepenuhnya daripada memecahnya sedemikian rupa sehingga semuanya akan tetap sejalan dengan planet ini.

Butir debu sudah cukup untuk membelokkan bola bilyar dengan rentang besar, diberi jarak yang cukup, sehingga penggunaan energi yang paling efisien adalah salah satu defleksi.

com. dimengerti

Ini dari halaman "Bad Astronomy" Phil Plait di mana dia membedah beberapa adegan dari film "Deep Impact." Demi kepentingan sains dan selama saya memberinya pujian, saya yakin dia tidak keberatan saya mengutipnya. Inilah tautannya jika Anda ingin membaca semuanya sendiri: http://www.badastronomy.com/bad/movies/di2.html

Buruk: Beberapa menit sebelum dampak terakhir, para astronot meledakkan komet kedua, dan kami disuguhi pertunjukan cahaya yang spektakuler. Bagus: Aaaaarrgg! Ini adalah Astronomi Baddest Terbesar dalam film. Meledakkan komet sama sekali tidak berguna, dan bahkan bisa memperburuk keadaan. Hanya karena potongannya lebih kecil tidak berarti Anda telah mengubah apa pun. Jika setiap bagian masih berdampak pada Bumi (maksud saya sebenarnya dihentikan oleh Bumi atau atmosfernya), Anda masih membuang semua energi kinetik The Comet ke atmosfer Bumi! Itu jumlah energi yang BESAR, dibuang secara praktis sekaligus. Itu masih akan menciptakan ledakan besar, mengerdilkan semua bom nuklir kita. Bahkan jika kamu bisa melunakkan pukulan itu, semua panas itu akan merusak cuaca kita. Beberapa orang benar-benar berpikir mungkin lebih baik membiarkan ledakan besar daripada meledakkannya, karena Bumi sendiri dapat menyerap energi dampak lebih baik daripada atmosfer. Namun ini masih diperdebatkan. Saya lebih suka tidak mencoba eksperimen apa pun!

BillDOe
Saya sarankan Anda mengedit dalam tautan ke badastronomy.com/bad/movies/di2.html , dan gunakan fitur kutipan> untuk menunjukkan bahwa ini adalah kutipan langsung.
andy256
Tetapi bukankah akan menghilangkan total energi kinetik gabungan di area yang lebih luas menjadikannya lebih tidak berbahaya?
Scottie
Tidak. Anda sedang melihat energi kinetik dalam jumlah besar. Asteroid berbatu seukuran pembunuh dinosaurus akan memiliki sekitar 1,1 Joule energi kinetik. Itu bekerja sekitar 21.638 Joule per Kg atmosfer, dan itu mengasumsikan distribusi energi kinetik yang merata. Turun di troposfer, tempat sebagian besar cuaca terjadi dan kita hidup, saya pikir kepadatan energinya akan lebih tinggi. Lebih baik membiarkan asteroid menghabiskan sebagian besar energinya secara lokal daripada secara global.
BillDOe
Rasio permukaan ke volume: en.wikipedia.org/wiki/Surface-area-to-volume_ratio Sepotong besar tidak akan punya waktu untuk berpasangan secara efektif dengan atmosfer sehingga mengubah energi kinetiknya menjadi panas. Transfer itu akan terjadi sebagian besar pada titik dampak. Satu trilyun partikel kecil akan menguap di atmosfer, menghasilkan ledakan panas yang sangat besar. Dikatakan bahwa militer lebih memilih semburan udara nuklir daripada peledakan darat untuk target yang tidak dikeraskan. Anda mendapatkan radius kehancuran yang lebih luas dengan cara itu.
Wayfaring Stranger
-1

OP jelas benar. Jika Anda tahu asteroid menuju Bumi dan memiliki pilihan untuk tidak melakukan apa-apa (dan membiarkannya menyerang) atau memotongnya menjadi dua dan membiarkan kedua bagiannya menyerang, Anda akan membaginya. Nuking menjadi sejuta keping akan menyebarkan dampak, yang akan membuat tabrakan itu kurang berbahaya. Apakah Anda lebih suka tertembak di dada dengan peluru atau 100 BB?

Asteroid
Itu benar-benar tergantung di mana itu mengenai. Asteroid atau komet besar yang menghantam di tengah lautan akan menciptakan gelombang besar, tetapi mungkin tidak terlalu besar. Jika itu mengenai Antartika misalnya, itu membuat lubang di es, sekali lagi, bukan masalah besar. Sekarang jika Anda membaginya dan setengah dari objek yang akan mengenai Antartika sekarang setengahnya mengenai Australia dan separuh lainnya, Amerika Selatan - Anda belum banyak membantu diri Anda sendiri. Sedikit riset yang menyenangkan adalah menemukan satu dan mengarahkannya ke negara musuh dengan menyenggolnya sedikit. Tetapi mereka tidak cukup sering menabrak bumi untuk menjadi sangat praktis.
userLTK